Universitas Tanri Abeng, Warisan Pendidikan dari Tokoh Berjasa untuk Indonesia -->

Iklan Atas

Universitas Tanri Abeng, Warisan Pendidikan dari Tokoh Berjasa untuk Indonesia

Senin, 24 Juni 2024

Erick Thohir kenang Tanri Abeng


Jakarta - Tanri Abeng, mantan Menteri BUMN pada era Soeharto, meninggal dunia pada hari Minggu, 23 Juni 2024, pukul 02:39 WIB di RS Medistra Jakarta. Beliau meninggal dunia di usia 82 tahun.


Tanri Abeng dikenal sebagai tokoh yang sangat peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Dedikasinya terhadap sektor pendidikan tercermin dengan pendirian Universitas Tanri Abeng atau Tanri Abeng University (TAU).


Universitas ini berlokasi di Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dengan luas 1 hektar. TAU merupakan Boutique University yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang perkuliahan berbagai model, perpustakaan, teater, auditorium, pusat riset & publikasi, dan fasilitas lainnya.


Sebelum mendirikan TAU, Tanri Abeng telah memiliki pengalaman luas di perusahaan multinasional dan pemerintahan. Pendanaan untuk mendirikan universitas ini ia peroleh dari penjualan Hotel Aryaduta yang ia miliki, hasil dari kerjasama dengan James Riady (pemilik Lippo Group) pada tahun 1995 di Makassar.


Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Tanri Abeng.


"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian Menteri BUMN pertama, Pak Tanri Abeng. Beliau adalah sosok yang memiliki jasa besar bagi bangsa ini," ujar Erick dalam unggahan di Instagram, pada Minggu (23/6/2024).


Erick juga mendoakan semoga Tanri Abeng ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah.(BY)