Warga Amerika Ditemukan Tewas di Perairan Pitojat Pagai Selatan Setelah Berselancar -->

Iklan Atas

Warga Amerika Ditemukan Tewas di Perairan Pitojat Pagai Selatan Setelah Berselancar

Rabu, 12 Juni 2024
.


Mentawai, fajarsumbar.com - Erick Robert Soreker (43), seorang warga berkebangsaan Amerika, ditemukan meninggal dunia setelah berselancar di sekitar perairan Pulau Pitojat, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 


Ia dilaporkan hilang sejak Selasa (11/6/2023) sekitar pukul 18.00 WIB.


Kapolsek Sikakap, AKP Ronnal Yandra SH, mengungkapkan bahwa Erick Robert Soreker ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di perairan Pulau Pitojat pada Rabu (12/6/2024) oleh nelayan yang ikut mencari.


Informasi hilangnya Erick pertama kali diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Mentawai pada pukul 23.50 WIB. Setelah mendapat informasi tersebut, Kapolsek Sikakap segera menghubungi Jaya Karyawan dari Resort Southern Mentawai Outpost (SMO) yang melaporkan hilangnya Erick saat berselancar di perairan Pulau Pitojat.


Pada Rabu (12/6/2024), Tim SAR Gabungan Mentawai tiba di Sikakap dan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Kapolsek Sikakap, Danramil 04 Sikakap Kapten CZI Masri, dan Poskamla Sikakap Sertu Harum Syah sebelum memulai pencarian.


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Mentawai, Rudi, menjelaskan bahwa laporan hilangnya Erick diterima pada Selasa, 11 Juni 2024, pukul 23.30 WIB dari seorang karyawan resort bernama Jaya.


Tim SAR segera melakukan pencarian menggunakan RIB 02 Mentawai dan melakukan pengamatan visual terhadap cuaca dan kondisi gelombang laut.


Kronologi hilangnya Erick bermula pada hari Selasa ketika ia berangkat dari Pulau Sibigeu menuju Pulau Pitojat untuk berselancar bersama dua temannya. Namun, hingga pukul 18.00 WIB, Erick tidak kembali ke perahu sehingga dilakukan pencarian oleh rekan-rekannya dan karyawan resort, namun hasilnya nihil.


Pada Rabu, 12 Juni 2024 pukul 04.30 WIB, Tim Rescue Kantor SAR Mentawai melanjutkan pencarian dengan menggunakan RIB 02 Mentawai, dengan pencarian difokuskan di Perairan Pulau Pitojat dan Pulau Sibigeu yang dibagi menjadi empat titik. Hingga saat ini, Tim Rescue Kantor SAR Mentawai masih melakukan pencarian, dan akhirnya Erick ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.


Karyawan SMO, Andri Afriadi (49), mengatakan bahwa Erick Robert Soreker, yang merupakan Manajer SMO, ditemukan meninggal dunia oleh nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar perairan Pulau Pitojat pada Rabu (12/6/2024) sekitar pukul 8.30 WIB. Saat ditemukan, jasad Erick mengambang di permukaan laut dalam keadaan telungkup.


Nelayan yang menemukan jasad Erick segera melaporkan temuannya kepada Riki Sunanda (34), karyawan SMO. 


Informasi tersebut segera disampaikan kepada karyawan SMO lainnya dan masyarakat sekitar homestay SMO. Jasad Erick Robert Soreker kemudian dibawa ke Padang sesuai instruksi.


Setelah ditemukan, jasad Erick Robert Soreker dibawa ke Sikakap menggunakan speed boat. Sesampainya di Sikakap, jasad Erick disambut oleh Kapolsek Sikakap AKP Ronnal Yandra SH, Danramil 04 Sikakap Kapten CZI Masri, Danpos Kamla Sikakap Sertu Harum Syah, dan Kepala Puskesmas Sikakap Lea, sebelum dibawa ke Puskesmas Sikakap untuk divisum.(*)