Wisuda Ke 80 ITP Menghasilkan 9.974 Alumni -->

Iklan Atas

Wisuda Ke 80 ITP Menghasilkan 9.974 Alumni

Rabu, 05 Juni 2024

 

.

Padang, fajarsumbar.comInstitut Teknologi Padang (ITP) kembali mewisuda sebanyak 105 orang lulusan dari Fakultas Teknik dan Vokasi di Hotel Grand Zuri, Rabu (05/05/2034).

Adapun rincian wisudawan/wisudawati tersebut, sebanyak 102 orang dari jenjang pendidikan Sarjana Strata Satu (S1) dan tiga orang wisudawan dari jenjang pendidikan Ahli Madya.

Artinya dengan wisuda ITP Ke-80 yang berlangsung dalam rapat Senat terbuka ini, maka secara keseluruhan alumni yang dihasilkan ITP berjumlah 9.974.

Kepada wartawan, Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto S.T., M.T., IPM. mengatakan dari 105 wisudawan pada periode semester ganjil 2023/2024 ini, terdapat sembilan wisudawan yang memperoleh predikat pujian.

Untuk lulusan berprestasi, pemuncak diberikan kepada Ghina Pricillia Darmansyah dari Program Studi Teknik Sipil Sarjana dengan Indek Prestasi Kamulatif (IPK) 3.85, sedangkan lulusan termuda Akbar Fauzi dari Program Studi Teknik Sipil S1 dengan IPK 3,39.

"Selamat atas prestasi luar biasa yang telah dicapai, semoga jesuksesan yang dicapai  tetap berlanjut dalam karya dan karir selanjutnya.

Teruslah berprestasi, harumkan nama keluarga, almamater dan bangsa Indonesia," ucap Hendri Nofrianto seraya mengharapkan para lulusan harus punya kemauan beradaptasi dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan software karena itu dibutuhkan dalam industri ataupun lapangan seluruhnya.

Ia pun berpesan kepada para lulusan agar tingkatkan literasi software sebagai pedomannya.

Saat ini mereka selesai baru satu tahap dan tahap selanjutnya, fokus kerja keras dan maupun beradaptasi dengan lingkungan.

Sebab kata Hendri para lulusan sudah dikenalkan dengan software," ucapnya dan  merasakan miris sikap anak generasi Z kalau tidak ditunggui ataupun ditegur, mereka masa bodo/bodo amat aja.

Artinya kurang pendewasaan diri dan bereda dengan anak alfa yang sekarang masih SD ataupun TK, mereka lebih inisiatif karena temannya adalah handphone.

Lebih lanjut dijelaskannya, kalau tahun ini ITP memasuki usia 51 tahun dan diangka tersebut  masuk dalam usia yang sudah matang.

Hal itu dimulai dari Lembaga Kursus Ahli Teknik (KAT), kemudian menjadi Akademi, Teknik Padang selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) dan pada 2002 menjadi Institut Teknologi Padang. Usia Institut Teknologi Padang sampai tahun ini adalah 22 tahun yang mempunyai 10 program studi dengan jumlah mahasiswa 2.000 orang.

Jika kita lihat dari sisi Infrastruktur Institut Teknologi Padang mempunyai dua kampus yaitu di Jalan Gajah Mada Kandis Nanggalo dan di Jalan DPRD tunggul hitam, atau lebih dekatnya ke jalan By Pass.

Dari 2 kampus yang ada, perlu saya sampaikan bahwa pada kondisi sekarang belum teroptimalkan dari area kampus serta sarana prasarana, idelanya idealnya 2 kampus ini dapat menampung 4.000 mahasiswa.

"Saya berharap kepada rektor barunya  harus ada ITP University dan labor dan komputer perprodi ditingkatkan teknologi kekinian yang pakai industri," harapnya.
Lebih lanjut diharapkannya, harus ada dari 10 prodi yang diunggulkan satu prodi akreditasi unggul.  "Dahulu kami sudah memprioritaskan, teknik mesin S1 karena SDM disana memiliki profesor dua, doktor lebih 6 orang. Persyaratan  untuk unggul telah terpenuhi. Itu PR bagi rektor ke depannya.

Kemudian mereka melakukan industri dan industri mau menerima lulusan ITP bekerja di perusahaan," ucapnya.

Di tempat yang sama Ketua Pengurus Yayayan Pendidikan Teknologi Padang...

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Adelia Pramita Sari, SE, M.S.Ak mengatakan, perguruan tinggi dikatakan bermutu adanya pengakuan dari pihak exsternal terhadap mutu penyelenggaran institusi dalam bentuk predikat akreditasi.

Disisi lain, mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bentuk sertifikasi dan pengakuan
keberhasilan lainya dalam bentuk uji kompetensi.

Terkait dengan hal itu, kata
Adelia Pramita Sari, maka LLDIKTI Wilayah X terus mendorong Perguruan Tinggi Swasta (PTS) termasuk ITP agar terus meningkan akreditasi dan posisi peringkat perguruan tinggi melalui KemendikbudRistek RI.

Dengan demikian Ia mengapresiasi ITP yang telah berhasil mendapatkan akreditasi institusi B.

"Kendati demikian, ITP agar terus meningkatkan akreditasi Program Studi (prodi) dan akreditasi insitusi," ucapnya.

Pada wisuda Ke- 80 ITP Tahun 2024, selain dihadiri Pembina Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Ampri Satyawan, S.E., M.M, dan Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat Bidang Pemerintahan dan Politik Drs. Jasman Rizal. MM.
(R-Dz)