45,6 Milyar Alokasi Bansos Diterima Padang Pariaman dari Kemensos RI Tahun 2024 -->

Iklan Atas

45,6 Milyar Alokasi Bansos Diterima Padang Pariaman dari Kemensos RI Tahun 2024

Rabu, 10 Juli 2024


Padang Pariaman - Padang Pariaman terima bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) pada tahun 2024 ini sebesar Rp 45.618.822.946.00.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Padang Pariaman Sumarni ketika ditemui awak media di Kantornya, Selasa (9/2024).


Dia menyebut, dana Bansos kepada para penerima manfaat yang telah disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Negara (Himbara) seperti BRI mencapai Rp 27.657.005.952.00.-


"Penyaluran Bansos dilakukan secara bertahap dengan berbagai jenis, juga berdasarkan kepada penerima manfaat yang kita usulkan pada setiap tahunnya" kata Sumarni.


Jenis Bansos ini, sambung Sumarni, berupa bantuan PKH tahap I dan II, Bantuan Sembako Tahap IV bagi 23.864 KPM, bantuan atensi pemenuhan hidup layak bagi 540 PM, bantuan atensi kewirausahaan bagi 3 PM, juga bantuan alat bagi disabilitas dan lansia kepada 92 penerima manfaat.


"Kesemua jenis Bansos itu, sudah disalurkan kepada seluruh penerima manfaat di Padang Pariaman. Sedangkan sisanya akan segera salur sampai akhir tahun 2024 ini" jelas Sumarni. 


Dia menambahkan upaya mendapatkan Bansos ini merupakan kerjasama semua pihak, termasuk kegigihan Bupati Padang Pariaman bersama stakeholder lainnya. Juga berdasarkan usulan DTKS dari Bupati Padang Pariaman melalui DinsosP3A.


Untuk tahun 2025 mendatang, ungkap Sumarni, kita terus berharap bantuan ini kiranya dapat lebih luas menyasar kepada masyarakat Padang Pariaman.


"Sehingga Padang Pariaman bisa bangkit dengan mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat" ulasnya. 


Sumarni juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Pemerintah melalui Kementerian Sosial. Karena, terus berkomitmen untuk menjaga keadilan dan keberlanjutan program bantuan sosial. 


"Masyarakat telah dapat merasakan dampak positif dari upaya tersebut. Sebab, penyaluran Bansos tepat waktu dan efisien. Ini menjadi salah satu pilar utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia" harapnya.(rsaco).