Baznas Padang panjang jadi Objek Penelitian Dosen UIN Malang -->

Iklan Atas

Baznas Padang panjang jadi Objek Penelitian Dosen UIN Malang

Minggu, 07 Juli 2024
Warung Zmart salah satu bentuk usaha  un8ggulan Baznas Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Dinilai baik dan berhasil, seorang dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Jawa Timur, Dr. H. Moh. Toriquddin, Lc melakukan penelitian di Baznas Padang Panjang, Kamis (4/7) lalu.


Sebagai utusan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Malang, Toriq mengangkat tema penelitian mengenai "Efektivitas Perda Syariah tentang Pengelolaan Zakat "(Studi di Baznas Kota Padang Panjang)".


Kehadirannya disambut antusias pimpinan Baznas Padang Panjang dengan memfasilitasi segala yang dibutuhkan selama melakukan riset. Seluruh unsur pimpinan Baznas hadir dan turut menyediakan materi presentasi untuk menjawab pokok-pokok penelitian yang telah dikirimkan sebelumnya.


Ketua Baznas Padang Panjang, Syamsuarni, S.Ag mengapresiasi penelitian ini. 


"Terima kasih telah memilih Baznas Padang Panjang sebagai objek penelitian dan pastinya nanti akan membawa dampak positif pada pengelolaan zakat di daerah kami ini," ujarnya.


Toriq menjelaskan alasannya memilih Baznas Padang Panjang sebagai objek penelitian, karena berbeda dengan Baznas daerah lainnya di Indonesia.


"Saya melihat Bapak Walikota Padang Panjang mendapatkan Baznas Award dengan kategori kepala daerah pendukung pengelolaan zakat terbaik. Lantaran saya mengangkat soal efektivitas perda zakat, saya rasa akan sangat cocok meneliti di sini," jelasnya.


Ia memperhatikan Baznas Padang Panjang  sangat baik dalam hal pendayagunaan dana zakat, terbukti dengan pernah meraih penghargaan Baznas daerah dengan pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat terbaik di Indonesia.


Toriq juga berkesempatan mewawancarai muzaki, Haji Fauzan seorang pedagang yang mempunyai toko emas di Pasar Pusat Padang Panjang, dan mustahik penerima program Warung Zmart yang kedainya sudah mulai berkembang. (syam)