Bupati Hadiri Perayaan Khatam Al Qur'an di Masjid Taqwa Koto Tuo Salimpaung -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Bupati Hadiri Perayaan Khatam Al Qur'an di Masjid Taqwa Koto Tuo Salimpaung

Minggu, 07 Juli 2024

34 Santri Khatam Al Quran di Masjid Taqwa Koto Tuo Salimpaung

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Perayaan Khatam Al Qur'an merupakan salah satu bentuk ikhtiar umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, sekaligus untuk terus mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat.


Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, saat menghadiri perayaan Khatam Al Qur'an, di Masjid Taqwa Koto Tuo, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Minggu (7/7/24).


Bupati katakan, perayaan Khatam Al Qur'an merupakan salah satu tradisi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Khatam bukan berarti tamat membacanya, namun menjadi momentum untuk memahami lebih lagi apa yang telah dibaca, untuk dimaknai dalam kehidupan sehari-hari. 


"Kepada anak-anak yang khatam hari ini diucapkan selamat, khatam Al Qur'an bukan berarti berhenti membaca Al Qur'an, namun jadilah generasi yang pencinta Al Qur'an sampai dewasa nanti, InsyaAllah apa yang dicita-citakan dan yang dibanggakan orang tua akan dikabulkan oleh Allah SWT," ucapnya.


Dikesempatan tersebut Bupati juga sampaikan ucapan selamat kepada anak-anak peserta khatam, semoga melalui khatam Al Qur'an akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan awal untuk meningkatkan menjadi hafizh dan hafizhah nantinya.


Sebelumnya, Ketua panitia khatam Syamsuar Sutan Sinaro menyampaikan, khatam tahun ini merupakan yang ke 12 dengan peserta sebanyak 34 santri dengan kegiatan diawali dengan pawai ta'aruf, mengaji dan syukuran.


Turut hadir dikesempatan tersebut Bupati periode 2005-2015 M.Shadiq Pasadiqoe, Kadis Dikbud Tanah Datar, Camat, Wali Nagari,Ketua KAN dan Ketua BPRN Nagari Salimpaung, ustadz ustadzah,wali murid dan santriwan santriwati setempat. (F12)