Bupati Serahkan Bantuan Upah Bajak Gratis Bagi Masyarakat Lima Kaum -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Bupati Serahkan Bantuan Upah Bajak Gratis Bagi Masyarakat Lima Kaum

Kamis, 04 Juli 2024

Bupati serahkan secara simbolis bantuan upah Bajak Gratis kepada salah seorang warga Lima Kaum

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan secara simbolis bantuan upah Bajak Gratis ke masyarakat Kecamatan Lima Kaum, di Aula Kantor Wali Nagari Lima Kaum, Rabu (3/7/24) sore.


"Alhamdulillah, kami akan menyerahkan upah untuk layanan bajak gratis. Seperti yang dipahami, layanan bajak gratis memiliki, beberapa mekanisme dalam pelaksanaannya," ujar Bupati.


Dikesempatan itu, Bupati menyebutkan, bahwa selain program bajak gratis, masyarakat juga bisa memanfaatkan ansuransi tanaman padi. "Setelah bajak gratis, masyarakat bisa mendaftar untuk ansuransi tanaman padi. Program ini, dirasa berguna bagi petani, maka perlu dimanfaatkan sebagaimana fungsinya," ujarnya.


Bupati menyebutkan, kegiatan yang beranjak dari Program Unggulan (Progul) ini, akan membawa dampak peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Tanah Datar pada umummnya.


Sementara itu, Kadis Pertanian Sri Mulyani mengatakan, bahwa target bajak gratis di tahun 2024 sebesar 4.400 hektar untuk lahan sawah dan lahan kering.


"Untuk realisasi bajak gratis pada saat ini, sebesar 1.900 hektar atau 43 persen. Dan, untuk kecamatan Lima Kaum sendiri, targetnya sebesar 375 hektar dan terealisasi sebesar 139 hektar atau 38 persen. Maka dari itu, kami berharap para petani melakukan percepatan tanam mumpung kuatonya masih ada," ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Wali Nagari Lima Kaum Fadhli Tarmizi mengucapkan terimakasih ke pemerintah Kabupaten Tanah Datar, karena telah memberikan upah bajak gratis ke sebagian besar masyarakatnya.


"Program bajak gratis sangat dibutuhkan masyarakat. Kami berharap program ini terus berlanjut, sehingga manfaatnya terus dirasakan masyarakat Nagari Lima Kaum khususnya, Tanah Datar umumnya," ujarnya. (F12)