DPRD Apresiasi KPU Solsel Armen Syahjohan Pilkada Harus Tersosialisasi Menyeluruh -->

Iklan Atas

DPRD Apresiasi KPU Solsel Armen Syahjohan Pilkada Harus Tersosialisasi Menyeluruh

Selasa, 02 Juli 2024

 

Wakil ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan SIP saat diwawancarai sejumlah awak media. (Abg


Solsel,fajarsumbar.com  - Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 sudah didepan mata, segala upaya dalam pelaksanaan itu sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara. 

Untuk itu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan mengapresiasi upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan dalam menyukseskan dan menyemarakkan tahapan Pilkada serentak 2024.

Menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Tahun 2024, Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Armen Syahjohan menyoroti antusiasme masyarakat yang terlihat dalam gelaran acara yang dikemas menjadi pesta rakyat tersebut.

Meskipun demikian, pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat, khususnya terkait tahapan Pilkada 2024. Dimana menurut Armen, masih banyak masyarakat yang buta akan informasi penyelenggaraan Pilkada Tahun ini.

"Saya Apresiasi itu (Acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan 2024), sepertinya cukup meriah, namun harapannya tahapan-tahapan Pilkada harus tersosialisasi secara menyeluruh, bahakan dari masyarakat itu banyak juga yang tidak tahu kapan pencoblosannya", kata Armen Syahjohan, sawt diwawancarai sejumlah awak media Senin (2/7/2024).

Armen juga berharap, agar KPU Solsel lebih jeli dan cermat dalam penyelenggaraan Pilkada, pihaknya meminta kepada KPU agar menjungjung tinggi netralitas, hal ini demi menjaga timbulnya isu keberpihakan.

"Kedepan KPU kami minta lebihj jeli lagi, harus betul-betul netral, supaya tidak muncul isu keberpihakan," sambung Armen.

Pihaknya juga mengapresiasi peluncuran maskot KPU "Si Songket" sebagai lambang pesta demokrasi pada gelaran Pilkada serentak yang akan dilakukan 27 November 2024 nanti.

Terkait hal itu, Armen juga menghimbau kepada seluruh jajaran masyarakat, agar turut serta berpartisipasi aktif, hadir memilih di TPS daerahnya masing-masing. Untuk menentukan pemimpin Kabupaten lima tahun kedepan.

"Sebagai masyarakat, dan juga sebagai Pimpinan DPRD Solok Selatan, kami menghimbau masyarakat untuk menggunakan hal pilihnya. Demi menentukan pimpinan daerah Solok Selatan, pilihlah berdasarkan hati nurani, untuk mendapatkan sosok pemimpin yang terbaik," tegas Armen.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, menggelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, yang di selenggarakan di GOR Supreme Energy, Kamis (20/6).

Dengan digelarkan kegiatan tersebut, menandakan bahwa tahapan Pilkada sudah memasuki tahapan pendataan pemilih, Ketua KPU Solok Selatan, Ade Kurnia Zelli menjelaskan pihaknya telah membentuk badan adhoc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pemungutan Suara (PPS). Begitu juga dengan tahapan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau petugas Coklit (pencocokan dan penelitian).

Adapun tahapan coklit, dilangsungkan selama sebulan pada 24 Juni hingga 24 Juli 2024, sementara untuk pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, KPU Solsel membuka pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024.

KPU Solsel juga telah meluncurkan "Si Songket", sebagai maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan. Si Songket menggambarkan nilai budaya dan merupakan simbol sentral Kabupaten Solok Selatan. Dengan bentuk menara yang menjulang sebagai simbol tekad kuat KPU Solsel untuk menyukseskan Pilkada 2024.

Si Songket memiliki filosofi yaitu pada bagian tutup kepala yang menyerupai puncak menara Songket melambangkan Icon Solok Selatan dan pemilihan tahun 2024 merupakan dari dan untuk masyarakat Solok Selatan.

Selanjutnya wajah dengan mata yang terbuka dan mulut yang tersenyum ,melambangkan suasana pesta demokrasi yang bahagia.

Sedangkan pakaian adat, melambangkan pemilihan 2024 adalah untuk memilih Pemimpin, yang akan mengayomi masyarakat Solok Selatan yang menjunjung "adat yang bersandikan syara, syara basandi kitabullah".

Terakhir tangan kanan memegang alat coblos dan tangan kiri memegang surat suara melambangkan pemilihan 2024, menjamin penggunaan hak pilih masyarakat dengan asas Luber dan Jurdil. (Abg)