Elang Peregrine, Burung Tercepat dengan Kecepatan 320 Km/jam -->

Iklan Atas

Elang Peregrine, Burung Tercepat dengan Kecepatan 320 Km/jam

Jumat, 05 Juli 2024

Peregrine Falcon Burung Tercepat di Dunia, Kecepatannya Saingi Whoosh saat Berburu



Jakarta - Tahu tidak, burung tercepat di dunia adalah elang Peregrine yang mampu mencapai kecepatan hingga menyerupai kereta cepat Whoosh.


Elang Peregrine dapat terbang lebih dari 320 km per jam, menyaingi kecepatan kereta cepat Whoosh yang mencapai 350 km per jam.


Namun, elang Peregrine hanya mencapai kecepatan tertinggi ini saat melakukan penyelaman untuk berburu, yang disebut hunting stoop. Namun, dalam hal kecepatan penerbangan horisontal, ada spesies burung lain yang memiliki kecepatan lebih tinggi.


Rekor kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh elang Peregrine saat berburu adalah 389,46 km per jam, dicatat oleh burung bernama Frightful dari Washington State. Hal ini tercatat dalam film dokumenter National Geographic, dimulai ketika burung ini dilepaskan dari pesawat pada ketinggian 5.182 meter (17.000 kaki), jauh di atas ketinggian terbang normalnya.


Namun, beberapa ahli burung mempertanyakan validitas catatan ini, mengingat kecepatan yang mencapai 389,46 km per jam mungkin terjadi dalam kondisi tertentu dan bukan kecepatan reguler dalam penerbangan.


Meskipun elang Peregrine memiliki kecepatan vertikal yang mengesankan, dalam penerbangan reguler dengan tenaga sayap, mereka bukanlah yang tercepat, seperti dilansir oleh IFL Science.


Saat ini, gelar hewan tercepat dalam penerbangan horizontal dipegang oleh mamalia. Kelelawar ekor bebas asal Brasil telah merebut mahkota ini dengan kecepatan 160 kilometer per jam. (des)