Gubernur Sumbar Resmikan Masjid dan Sarana Pendidikan Baru di Maninjau -->

Iklan Atas

Gubernur Sumbar Resmikan Masjid dan Sarana Pendidikan Baru di Maninjau

Rabu, 10 Juli 2024
Gubernur Sumbar, Mahyeldi meresmikan masjid dan peletakan batu pertama


Lubuk Basung - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, meresmikan Masjid Ar-Rahim di kompleks TK-SD Rasuna Said, Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, pada Selasa (9/7/2024) siang. Selain itu, beliau juga mengunjungi Cagar Budaya Museum Hadji Moehamad Said dan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan asrama putri dan rumah tahfizh MAN 1 Agam.


Dalam pidatonya, Gubernur menekankan pentingnya sarana pendidikan dan ibadah sebagai tempat pembinaan generasi mendatang, terutama di Kabupaten Agam yang melahirkan banyak pahlawan nasional dan tokoh bangsa.


"Agam telah melahirkan banyak pahlawan seperti Rangkayo Hj Rasuna Said, H Agus Salim, AK Gani, Mohammad Natsir, Buya Hamka, dan lainnya. Pola pendidikan mereka perlu kita jaga dan kembangkan melalui sekolah dan masjid," ujarnya.


Mahyeldi berharap, dengan lengkapnya sarana pendidikan seperti masjid dan rumah tahfizh, pendidikan yang mengintegrasikan sains dan Al-Qur’an dapat ditingkatkan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur, terutama perantau Maninjau dan keluarga besar Rangkayo Hajah Rasuna Said atas dukungan mereka dalam pembangunan sarana pendidikan di Maninjau.


Di kesempatan yang sama, Bupati Agam, Andri Warman, menyatakan bahwa Pemkab Agam terus fokus meningkatkan sarana ibadah dan rumah tahfizh di wilayah tersebut. Terkait Masjid Ar-Rahim yang baru diresmikan, Pemkab Agam telah mengalokasikan dana pembangunan sebesar Rp200 juta.


"Kami berharap masjid ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga untuk kegiatan keagamaan, pendidikan, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya," tambahnya. (des)