Hadiri Wisuda Angkatan X Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif, Wabup Risnawanto Beri Apresiasi Tinggi -->

Iklan Atas

Hadiri Wisuda Angkatan X Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif, Wabup Risnawanto Beri Apresiasi Tinggi

Rabu, 03 Juli 2024

 

menghadiri wisuda angkatan ke-X Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif Tahun Ajaran 2023/2024. (JD)


Pasbar, fajarsumbar.com- Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto, memberikan apresiasi tinggi kepada Pimpinan Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif atas kontribusinya dalam mencetak generasi muda berkualitas di Kabupaten Pasaman Barat. Dalam sambutannya saat menghadiri wisuda angkatan ke-X Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif Tahun Ajaran 2023/2024 di Pisang Hutan, Nagari Padang Harapan, Kecamatan Sasak Tanah Pasisie, pada hari Senin (3/6), Risnawanto menyatakan bahwa pemerintah daerah, dengan segala keterbatasannya, tidak akan mampu sepenuhnya melahirkan generasi yang berkualitas.


"Hadirnya pesantren di Kabupaten Pasaman Barat, dengan segala keunggulannya, telah mampu mencetak generasi calon pemimpin bangsa yang berkualitas. Kami atas nama Pemda Pasbar mengucapkan terima kasih kepada pondok pesantren di Kabupaten Pasaman Barat yang telah berperan aktif dalam melahirkan generasi yang berkualitas," ujar Wabup Risnawanto.


Risnawanto menegaskan bahwa lulusan berkualitas dari pesantren tersebut nantinya akan mampu bersaing di masa depan dengan sumber daya manusia dari daerah lainnya. Hal ini terbukti dengan kemampuan Pondok Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif untuk bersaing dengan sekolah lainnya, serta banyak lulusan pesantren ini yang melanjutkan studi di luar negeri.


"Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta bimbingan ustadz dan ustadzah di pondok pesantren. Setelah 6 tahun menimba ilmu di sini, sudah saatnya bagi mereka untuk menambah ilmu di jenjang yang lebih tinggi," tambahnya.


Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Arabi Darul Yamani Assyarif, Dr. H. Sirril Masri Lc. MA, menyatakan bahwa tahun ini sebanyak 34 santri diwisuda, ditambah dengan wisuda tahfiz sebanyak 40 orang. Ia juga menjelaskan bahwa Arabi Darul Yamani Assyarif telah menghasilkan lulusan yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi luar negeri dalam jumlah yang cukup signifikan.


"Contohnya, tahun lalu ada 4 lulusan yang melanjutkan studi di Yaman. Tahun ini, ada 4 orang lagi yang kuliah di luar negeri, dan satu di antaranya perempuan," jelasnya. (JD)