Honda dan Sony Bersatu Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbaru dengan Teknologi Tinggi -->

Iklan Atas

Honda dan Sony Bersatu Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbaru dengan Teknologi Tinggi

Kamis, 11 Juli 2024

Tekan biaya produksi mobil listrik, Honda pakai platform Sony.


Jakarta - Produsen otomotif Honda dan raksasa teknologi Sony memperkuat kemitraan mereka di industri otomotif dengan berbagi platform untuk meluncurkan dua mobil listrik terbaru yang memiliki karakteristik berbeda.


Sejak 2023, Honda dan Sony telah bekerja sama dalam mengembangkan mobil listrik berteknologi tinggi. Kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan mobil listrik yang unik di pasar dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing perusahaan.


Menurut laporan dari Carscoops, Rabu (10/7/2024), kolaborasi ini juga dilakukan untuk mengurangi biaya operasional yang tinggi dan mempercepat pengembangan mobil listrik dalam menghadapi persaingan dari produsen asal China yang agresif dalam pemasaran mobil listrik mereka.


Platform yang dihasilkan dari kolaborasi ini akan digunakan untuk mobil listrik merek Afeela, hasil kerjasama antara Honda dan Sony. Platform yang sama juga akan diterapkan pada mobil listrik merek Honda yang akan diberi nama seri 0.


Mobil listrik seri 0 dari Honda diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar 40.000 dolar AS atau sekitar Rp650 jutaan. Sementara itu, harga untuk Afeela, hasil kolaborasi antara Honda dan Sony, diperkirakan akan lebih tinggi, meskipun detailnya belum diumumkan.


Platform baru ini memungkinkan Honda untuk memasang paket baterai ultra-tipis dan unit daya yang sangat rendah, sehingga menurunkan pusat gravitasi. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengendalian, tetapi juga memperluas ruang kabin.


Dalam hal jarak tempuh, model seri 0 yang akan diluncurkan oleh Honda dapat menempuh lebih dari 480 km. Meskipun kapasitas baterainya belum diungkap, sedan Afeela dikabarkan akan menggunakan paket baterai berkapasitas 91 kWh.


Honda juga akan mengaplikasikan hasil pengembangannya dari mobil balap Formula 1 dan model HEV (Hybrid Electric Vehicle) pada seri 0. Pengembangan ini mencakup rangka bodi yang ringan dan unit daya baru yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan sistem konvensional.


Mobil listrik hasil kerja sama Honda dan Sony, termasuk tiga model pertama dari seri 0 dan Afeela, diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2026.(BY)