Jajaran Pemkab Pasbar Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-78 -->

Iklan Atas

Jajaran Pemkab Pasbar Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-78

Senin, 01 Juli 2024
Memperingati Hari Bhayangkara Ke 78. (JD)


Pasbar, fajarsumbar.com- Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres Pasaman Barat (Pasbar) menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat pada Senin (1/7). Upacara turut dihadiri oleh Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Kepala OPD, Sekretaris, Kabag, Kabid, serta perwakilan OPD di lingkup Pemda Pasbar dan stakeholder terkait.


Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.IK bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanat yang dibacakannya, ia menyampaikan pesan dari Kapolda Sumbar bahwa Peringatan Hari Bhayangkara erat kaitannya dengan penetapan pemerintah No. 11 tahun 1946.


Ia menegaskan bahwa Hari Bhayangkara merupakan momentum untuk berbenah diri dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penegakan hukum. Selain itu, ia mengingatkan tentang agenda besar Pilkada serentak tahun 2024 dan meminta seluruh personel untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Pasaman Barat.


"Jawatan kepolisian negara yang semula berada di lingkungan Kemendagri kini ditetapkan menjadi jawatan tersendiri di bawah presiden selaku kepala pemerintahan. Hari Bhayangkara ini juga sebagai momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian nasional. Personel harus responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga Kamtibmas, dan kesiapan menghadapi Pemilu 2024," ujarnya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, AKBP Agung Tribawanto berpesan pada insan Bhayangkara Polres Pasbar untuk mempedomani beberapa hal, termasuk terus meningkatkan kinerja untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045, mengedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah permasalahan sosial, meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, dan memperkuat koordinasi.


Ditemui usai upacara, Bupati Hamsuardi mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara telah berjalan aman, lancar, dan meriah. Ia berharap Polri, khususnya jajaran Polres Pasbar, terus setia melayani masyarakat Pasbar. Sebab geografis Pasbar cukup luas, perlu pembinaan dan perlindungan dari pihak kepolisian dan stakeholder terkait.


Di akhir upacara, diberikan beberapa penghargaan, diantaranya kepada anggota Polres Pasbar yang berprestasi, kepada wartawan mitra Polres, dari PMI kepada Kapolres AKBP Agung Tribawanto dan Ketua PMI Pasbar Risnawanto, serta penghargaan kepada masyarakat.(JD)