Kepulangan Bahagia: Suasana Haru di Padang Panjang Menyambut Jemaah Haji -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Kepulangan Bahagia: Suasana Haru di Padang Panjang Menyambut Jemaah Haji

Senin, 08 Juli 2024

Kepulangan jemaah haji Padang Panjang disambut hari dan bahagia di Ismalic Centre.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Suasana haru dan bahagia menyelimuti kepulangan  jemaah haji Padang Panjang yang selesai menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekkah. 


Rombongan disambut hangat keluarga, jajaran pejabat pemko, Kankemenag, Forkopimda, Jumat (5/7) di Kawasan Islamic Centre. 


Di antara jemaah yang berjumlah 80 orang itu terlihat Penjabat (Pj) Walikota, Sonny Budaya Putra dan Pj Ketua TP-PKK, Sri Hidayani Sonny, S.E, Ak. 


Sebelumya, rombongan yang tergabung di Kloter 10 ini terbang dari tanah suci menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER nomor penerbangan GA 3410, tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jumat dinihari pukul 01.11 WIB setelah bertolak dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, pukul 16.00 waktu setempat. 


Penuturan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako, Erwina Agreni, M.Si, jemaah disambut Pj Sekdako, Dr. Winarno, M.E setibanya di bandara. Setelah satu setengah jam proses imigrasi yaitu stempel paspor, jemaah dibawa menuju Asrama Haji Padang.


Di Asrama Haji ada rangkaian kegiatan penyerahan simbolis jemaah dari ketua kloter kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Lalu PPIH kepada pemerintah daerah. 


“Jemaah kemudian berangkat ke Padang Panjang. Terlebih dahulu melaksanakan Salat Subuh di salah satu masjid di Lubuk Alung. 

Kedatangan jemaah haji di Padang Panjang pukul 08:10 WIB cepat dari perkiraan sebelumnya pukul 09.00 WIB,” katanya.


Pj Wako Sonny Budaya Putra, mewakili jemaah haji, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat terhadap kedatangan mereka. 

Di samping itu dirinya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya salah seorang jemaah haji, almarhumah Hendriyati Bahar (62).


“Kita berangkat di Kloter 10 sebanyak 81 orang, kembali 80 orang. Kita doakan almarhumah Ibuk Hendriyati husnul khatimah, keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” ujarnya. (syam)