KPU Agam Siapkan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang DPD-RI -->

Iklan Atas

KPU Agam Siapkan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang DPD-RI

Kamis, 11 Juli 2024
.


Agam,  fajarsumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam persiapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Sumatera Barat. Langkah ini diambil guna memastikan proses pemilihan berjalan dengan adil, transparan, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 


Ketua KPU Agam, Herman Susilo, menyatakan bahwa seluruh persiapan teknis dan logistik sedang dalam tahap finalisasi kata Komisioner itu dalam acara coffee morning yang diselenggarakan KPU yang bertempat di Ruang Rapat KONI Agam GOR Rang Agam Padang Baru Lubuk Basung, Kamis (11/7). 


 "Kami telah melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait, termasuk pihak keamanan dan panitia pemilihan di tingkat kecamatan dan nagari, untuk memastikan PSU ini berjalan lancar tanpa hambatan," ujarnya. 


PSU ini dilakukan untuk pelaksanasn putusan MK No: 03-03PHPU.DPD-XXII/2024 dan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Agam No: 71/PK.01.-BA/1306/2024 tanggal 9 Juli yang lalu. 


Dalam rangka persiapan, KPU Agam telah melakukan beberapa langkah strategis untuk pelaksanaan PSU antara lain:


1. Distribusi Logistik : KPU Agam memastikan seluruh logistik pemilu, termasuk surat suara dan alat kelengkapan TPS, sudah didistribusikan ke seluruh lokasi pemungutan suara.

   

2. Pelatihan Petugas: Petugas pemungutan suara mendapatkan pelatihan ulang untuk memastikan mereka siap melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai prosedur.

   

3. Pengamanan: Berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk memastikan situasi kondusif selama pelaksanaan PSU, termasuk antisipasi terhadap potensi gangguan.

   

4. Sosialisasi: Melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui pentingnya PSU ini dan memastikan partisipasi mereka dalam proses demokrasi.


PSU DPD di Kabupaten Agam dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 13 Juli 2024, dengan harapan seluruh warga yang memiliki hak pilih dapat berpartisipasi secara aktif.


"Kami mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Agam untuk berpartisipasi dalam PSU ini dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Setiap suara sangat berarti bagi masa depan daerah kita," tutup Herman. 


Dengan persiapan yang matang, KPU Agam optimis PSU DPD ini akan berjalan dengan sukses dan lancar, serta menghasilkan pemilihan yang bersih dan transparan.


Hadir dalam coffee morning tersebut Kesbangpol, Kapolres Agam, Dandim 0304,Kejari Agam, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Bawaslu , Kasatpol PP,Korwil Binda Sumbar Kabupaten Agam, Diskominfo, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.(*)