Luhut Tegaskan Bea Masuk 200% untuk Lindungi Industri Dalam Negeri, Bukan Targetkan China -->

Iklan Atas

Luhut Tegaskan Bea Masuk 200% untuk Lindungi Industri Dalam Negeri, Bukan Targetkan China

Sabtu, 06 Juli 2024

Menko Luhut soal Impor dari China


Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa pengenaan bea masuk hingga 200% tidak ditujukan untuk menyerang China. Menurutnya, China merupakan salah satu mitra strategis terpenting bagi Indonesia dalam perdagangan dan investasi.


"Kami tidak menargetkan negara tertentu, termasuk China. Semua langkah diambil berdasarkan kepentingan nasional kita," ujar Luhut di Jakarta, Sabtu (6/7/2024).


Luhut menjelaskan bahwa dalam rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi pada 25 Juni 2024, diputuskan untuk melindungi industri dalam negeri sesuai dengan peraturan dan norma perdagangan internasional yang berlaku.


Luhut menambahkan bahwa salah satu langkah yang diambil saat ini adalah penerapan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) untuk beberapa produk tekstil yang sudah diberlakukan dan sedang dalam proses perpanjangan.


Ia menegaskan bahwa BMTP diberlakukan untuk semua barang impor tanpa membedakan asal negara, dan kebijakan ini perlu dikaji secara mendalam agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan industri dalam negeri.


"Saya juga telah berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan untuk membahas masalah ini. Kami sepakat untuk mengutamakan kepentingan nasional kita tanpa mengabaikan kemitraan dengan negara sahabat," tutupnya.(BY)