Manfaat Vitamin U untuk Kesehatan: Kenali Makanan Sumbernya -->

Iklan Atas

Manfaat Vitamin U untuk Kesehatan: Kenali Makanan Sumbernya

Sabtu, 06 Juli 2024

ilustrasi


Jakarta - Vitamin U memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah makanan yang mengandung vitamin U.


Meskipun terdengar baru, vitamin U sebenarnya bukan hal yang asing di dunia kesehatan. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada awal 1950-an untuk mengidentifikasi senyawa yang terdapat dalam jus kubis.


Menurut Healthline, vitamin U sebenarnya bukan vitamin, melainkan turunan dari asam amino metionin.


### Makanan yang Mengandung Vitamin U


Vitamin U dikenal dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari alergi makanan, serta membantu menurunkan kolesterol.


Anda dapat memperoleh vitamin U baik dari suplemen maupun makanan utuh. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin U:


1. **Kubis**

   Kubis sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti tumis, sup, dan lalapan. Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin U.


   Menurut Times of India, penelitian yang dilakukan oleh National Centre For Biotechnology Information menunjukkan bahwa memberikan jus kubis mentah kepada 100 pasien dengan penyakit tukak lambung dapat memperbaiki kondisi mereka.


2. **Bayam**

   Sayuran hijau seperti bayam sering disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Bayam juga mengandung vitamin U yang penting untuk menjaga kesehatan usus, mata, dan mengatur kadar gula dalam darah.


3. **Brokoli**

   Brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin U. Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai masakan dan cukup direbus atau disiram saus untuk menjadi hidangan makan malam yang sehat. Selain vitamin U, brokoli juga mengandung banyak vitamin C.


4. **Kale**

   Kale adalah sayuran hijau lainnya yang kaya akan vitamin U. Selain itu, kale juga mengandung serat, kalsium, dan zat besi yang penting untuk kesehatan tubuh.


5. **Kubis Brussels**

   Kubis Brussels sering disebut sebagai versi miniatur dari kubis. Meskipun kecil, kubis Brussels mengandung vitamin U yang baik untuk kesehatan mata dan pencernaan.

(des)