Memerangi Stunting, Para Ayah Dilibatkan -->

Iklan Atas

Memerangi Stunting, Para Ayah Dilibatkan

Kamis, 04 Juli 2024
Sosialisasi peran para ayah dalam memerangi stunting di Tanah Pak Lambik.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ini salah satu pola perang menghadapi stunting di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kota Padang Panjang,  partisipasi ayah dilibatkan dalam  pengasuhan dan stimulasi perkembangan anak balita. 


Pola itu dilakukan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Bajamba yang ada di kelurahan setempat. 


Rabu (3/7) kelompok tersebut menggelar sosialisasi dan pertemuan peningkatan ketahanan keluarga balita di aula kantor lurah setempat diikuti 25 orang yang terdiri dari ayah balita dan tokoh masyarakat, guna mendorong orang tua anak  memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal sehingga mampu menekan angka stunting.


Lurah Tanak Pak Lambik, Romi Saputra, S.H, menyampaikan,  sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi kepada para ayah dalam mengedukasi, membimbing, memperhatikan anak balitanya di rumah. Mulai dari asupan gizi, pola asuh, sanitasi. Sehingga tanggung jawab pencegahan dan penanganan stunting ini tidak hanya pemerintah daerah saja, tetapi semua ikut andil dalam intervensi penanganan stunting.


"Di Tanah Pak Lambik, dalam program Basunting (Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting-red) kita berusaha melakukan koordinasi dan komunikasi agar banyak pihak turut menjadi bapak ibu asuh. Alhamdulillah responnya sangat baik. Mereka siap membantu anak-anak stunting," katanya.


Kegiatan ini juga didukung oleh mitra kerja lintas sektoral lainnya, yaitu Kepala Puskesmas Koto Katik, Penyuluh KB Kelurahan, dan Penyuluh Agama Kelurahan. (syam)