Padang Pariaman Lokasi Kegiatan "Kelana Nusantara" Kemenparekraf RI Tahun 2024 -->

Iklan Atas

Padang Pariaman Lokasi Kegiatan "Kelana Nusantara" Kemenparekraf RI Tahun 2024

Senin, 08 Juli 2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada acara "Kelana Nusantara" di Anai Land, Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Minggu 7 Juli 2024 (foto.doc.ikp)



Padang Pariaman - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia melalui Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi dan Insfrastruktur selenggarakan program "Kelana Nusantara" di Padang Pariaman.


Kegiatan Kelana Nusantara mengambil tema "Semangat Kolaborasi Memajukan Ekonomi Kreatif Padang Pariaman" bertempat di Cafe Tapi Rimbo Anai Land, Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, pada Minggu (/7/7/2024).


Padang Pariaman sebagai tempat pelaksanaan Kelana Nusantara ini, tidak terlepas dari rangkaian pembinaan dari Kemenparekraf. Yakni pengembangan Kabupaten Kota Kreatif (Kata Kreatif).


Sebab, Padang Pariaman merupakan salah satu Kabupaten yang dibina melalui pelaksanaan Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I)."Terutama dengan produk unggulan pada sub sector kuliner, kriya dan seni pertunjukan" kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya.


Selain itu, sebut Sandiaga Uno, kabupaten ini telah banyak meraih prestasi. Seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 dan Tahun 2023. Juga, terakhir saya ke Desa wisata Nyarai.


Ia berharap agar terus Padang Pariaman mengembangkan desa wisata, sehingga mampu bersaing dan go internasional.


“Mudah mudahan desa wisata di Padang Pariaman menjadi salah satu desa wisata yang mampu Go International”, tambah Menparekraf.


Bupati Suhatri Bur berikan apresiasi dan dukungan telah memilih Padang Pariaman sebagai lokus Kelana Nusantara kali ini. 


"Terimakasih Mas Menteri yang telah memilih Padang Pariaman. Sekaligus menjadi mitra dan pendampingan memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah ini" sebutnya.  


Ia mengharapkan selalu ada dukungan Kemenparekraf. Sehingga terus berkembang dan naik kelas. Bagi mereka belum berkembang, maka perlu pendampingan.


"Kami terus mendukung pelaku ekonomi kreatif Padang Pariaman melalui program-program pendampingan”, jelas Suhatri Bur


Sementara itu, Yuni salah seorang pelaku ekraf Padang Pariaman yang telah berkembang pada usaha kulinernya. Yakni  dengan berbagai varian produk durian dengan merk "Arfams Durian".


Ia menanyakan tentang impian bisa mengekspor usaha kuliner spesifik duriannya. Menparekraf Sandiaga Uno sangat mengapresiasi semangat pelaku ekraf Padang Pariaman ini.


“Durian Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam Padang Pariaman ini sangat enak. Oleh sebab itu, perlu riset terlebih dahulu. Jadi untuk kuat ya disitu. Durian unggul dan punya kelebihan dari daerah lain maupun luar negeri" jelas Sandiaga Uno.


Menparekraf Sandiaga Uno juga menyambangi pameran pelaku ekraf Padang Pariaman. Ia pun menikmati buah durian asli dari Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam menjadi kampung ekonomi kreatif durian. 


Disamping acara Kelana Nusantara ini, juga dilakukan pelatihan kepada pelaku ekraf Padang Pariaman. Sebagai narasumber Menparekraf Sandiaga Uno, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Oneng Setya Harini, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Padang Pariaman, dan pelaku ekraf Padang Pariaman Quratul Ayyuni.


Dalam acara ini, juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kapolres Padang Pariaman dan Dandim 0308 Pariaman, Asisten II Setdakab, Kadisparpora Padang Pariaman dan para undangan.(rsaco).