Pameran Otomotif GIIAS 2024, Mitsubishi Akan Rilis Model Terbaru -->

Iklan Atas

Pameran Otomotif GIIAS 2024, Mitsubishi Akan Rilis Model Terbaru

Selasa, 02 Juli 2024

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan mengeluarkan model baru di GIIAS 2024.


Jakarta - Penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tinggal beberapa pekan lagi. Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung mulai 18–28 Juli 2024 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang. Acara ini menjadi kesempatan bagi perusahaan otomotif untuk meluncurkan produk baru, termasuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).


GIIAS tahun ini diharapkan dapat membantu menghidupkan kembali pasar otomotif yang sedang lesu. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil secara wholesales (pabrik ke dealer) mencapai 215.069 unit pada Januari-Maret atau kuartal I/2024. Angka ini turun 23,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 282.601 unit.


Penurunan juga terlihat pada penjualan ritel (dealer ke konsumen). Pada kuartal I 2024, penjualan ritel mencapai 230.778 unit, turun 15%. Oleh karena itu, GIIAS diharapkan dapat meningkatkan transaksi penjualan kembali, salah satunya dengan kehadiran model baru. Baik dari pemain lama maupun pendatang baru yang kemungkinan akan memadati GIIAS. Salah satu yang dipastikan membawa produk baru adalah MMKSI. "Rencana memang ada produk baru nanti di GIIAS," kata Fajar Pratama, Public Relations & CSR Departement PT MMKSI, saat dikonfirmasi akhir pekan lalu.


Namun, Tama belum mau menyebutkan produk apa yang akan dibawa, termasuk kemungkinan membawa Xpander Hybrid ke Indonesia. "Untuk detail informasinya di GIIAS," tambah Tama. Meski begitu, ada beberapa prediksi terkait kendaraan yang akan menjadi andalan Mitsubishi di GIIAS. Pertama, All New Triton; kedua, Xpander dan Xpander Cross Hybrid (HEV); dan ketiga, XForce dengan fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) yang lebih lengkap. Xpander Hybrid dan XForce ADAS sudah diperkenalkan di dua negara tetangga.


Xpander Hybrid telah diluncurkan di Thailand, dan XForce ADAS diperkenalkan di Vietnam. Bahkan, secara spesifik, Mitsubishi dikabarkan telah mendaftarkan desain indikator informasi kendaraan yang diduga sebagai Xpander Hybrid di Berita Resmi Desain Industri No. 20/DI/2024. Pada GIIAS 2023, MMKSI menampilkan total 17 unit display yang terdiri dari kombinasi varian model Mitsubishi XFORCE, New Xpander, New Xpander Cross, New Pajero Sport, Minicab MiEV, eK X EV, dan Triton Educar. Selain unit display, MMKSI juga menghadirkan unit test drive yang terdiri dari Mitsubishi XFORCE, New Xpander, New Xpander Cross, dan New Pajero Sport.


Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Mitsubishi mencatat hasil penjualan yang memuaskan. Mitsubishi berhasil mendapatkan 2.719 unit surat pemesanan kendaraan (SPK), melebihi target awal sebesar 2.000 unit. Produk andalan mereka adalah Mitsubishi Xforce. Selain SUV compact tersebut, mobil yang menjadi tulang punggung penjualan adalah Xpander (termasuk Xpander Cross) dan Pajero Sport.


GIIAS 2024 Diikuti 55 Merek

Pameran GIIAS 2024 akan diikuti oleh 55 merek otomotif. Banyaknya merek yang berpartisipasi menjadikan GIIAS 2024 sebagai pameran dengan jumlah peserta terbanyak dalam sejarah GIIAS sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1986. "Total 55 merek kendaraan bermotor telah bergabung pada penyelenggaraan tahun ini, jumlah kepesertaan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan pameran GAIKINDO," kata Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah, Rabu (12/6/2024).


Kelima puluh lima merek tersebut berasal dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, China, dan beberapa negara Eropa. Mereka terdiri dari kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, serta kendaraan niaga. Kendaraan penumpang yang hadir di GIIAS 2024 antara lain Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.(BY)