Pegadaian Luncurkan Program 'Si Gemas' untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa -->

Iklan Atas

Pegadaian Luncurkan Program 'Si Gemas' untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa

Selasa, 02 Juli 2024

Tingkatkan literasi keuangan bagi generasi muda, Pegadaian menghadirkan program "Si Gemas"


Jakarta - PT Pegadaian, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor keuangan, berkomitmen untuk merespons isu generasi muda yang menjadi korban jasa keuangan online ilegal. Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan, Pegadaian meluncurkan program "Si Gemas" sebagai bagian dari komitmennya terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 4, yaitu pendidikan berkualitas.


Program Si Gemas (Gade Generasi Emas 2024) merupakan ruang inkubasi bagi mahasiswa yang ingin memulai investasi sejak dini. Program ini berlangsung selama tiga bulan, dari Mei hingga Juli 2024, dengan kolaborasi antara PT Pegadaian, universitas, dan mahasiswa untuk menciptakan kebebasan finansial di masa depan. Program ini dilaksanakan secara hybrid di The Gade Creative Lounge, ruang belajar kolaboratif modern yang disediakan PT Pegadaian di berbagai universitas di seluruh Indonesia.


Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyatakan bahwa The Gade Creative Lounge yang kini ada di 16 kampus di Indonesia menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan tentang literasi keuangan dan investasi.


"Kami menyadari banyak mahasiswa yang mengambil pinjaman online ilegal untuk membayar kuliah. Kami berharap dengan adanya program ini, inklusi keuangan mahasiswa dapat meningkat sehingga mereka mendapatkan akses untuk investasi atau pinjaman yang legal, membantu mereka di masa depan,” kata Damar.


Kegiatan ini telah dilaksanakan di tiga universitas, yaitu Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Andalas pada bulan Mei, dan akan dilanjutkan di kampus-kampus lainnya.


Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, mengucapkan terima kasih kepada PT Pegadaian.


“Saya sangat mengapresiasi perhatian Pegadaian terhadap mahasiswa. Masalah pinjaman online dan investasi ilegal sangat meresahkan, dan kami berharap mahasiswa di Universitas Hasanuddin serta universitas lainnya di seluruh Indonesia dapat lebih bijak dalam memilih jasa keuangan yang legal dan aman, salah satunya melalui PT Pegadaian,” ujarnya.


Program Si Gemas diharapkan dapat membantu generasi muda memahami pentingnya literasi keuangan dan memilih investasi yang tepat, sehingga tercipta masyarakat yang lebih sejahtera dan bebas dari jerat pinjaman dan investasi ilegal.


“Dengan program ini, kami berupaya menciptakan generasi muda yang mandiri secara finansial dan mampu membuat keputusan investasi yang bijak,” tutur Damar Latri Setiawan.(BY)