Pentingnya Penanganan Cepat Serangan Jantung, Kasus Sukses di Mayapada Hospital -->

Iklan Atas

Pentingnya Penanganan Cepat Serangan Jantung, Kasus Sukses di Mayapada Hospital

Kamis, 11 Juli 2024

ilustrasi


Jakarta - Jantung, organ vital yang sangat penting bagi kesehatan manusia, memerlukan perhatian serius dan pola hidup sehat untuk mencegah masalah serius seperti serangan jantung. Serangan jantung, atau Acute Coronary Syndrome (ACS), terjadi karena penyumbatan mendadak pada pembuluh darah koroner, mengakibatkan kurangnya suplai oksigen dan nutrisi ke otot jantung.


Pentingnya penanganan cepat terlihat pada kasus seorang wanita berusia 73 tahun di Mayapada Hospital Bandung, yang berhasil diselamatkan melalui tindakan primary Percutaneous Coronary Intervention (primary PCI) oleh tim medis terampil. dr. Dendi Puji Wahyudi, SpJP (K), menjelaskan bahwa periode kritis 90 menit pertama setelah gejala muncul sangat penting untuk menangani serangan jantung.


Tindakan primary PCI, yang dilakukan untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat dan mengembalikan aliran darah normal ke jantung, berhasil menyelamatkan nyawa pasien tersebut. Kasus ini menunjukkan pentingnya layanan kegawatdaruratan jantung yang cepat dan tepat, seperti yang disediakan oleh Cardiovascular Center Mayapada Hospital.(des)