PLN Sumbar Lanjutkan Program Listrik Gratis untuk Warga Kurang Mampu -->

Iklan Atas

PLN Sumbar Lanjutkan Program Listrik Gratis untuk Warga Kurang Mampu

Senin, 01 Juli 2024

LUTD berasal dari dana donasi pegawai PLN di seluruh Indonesia dan disalurkan untuk menghadirkan listrik berkeadilan kepada masyarakat di seluruh negeri hingga pelosok daerah 3T.


Padang – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat terus melanjutkan Program Light Up The Dream (LUTD), sebuah kegiatan mulia yang bertujuan untuk mewujudkan impian masyarakat kurang mampu agar mendapatkan akses listrik.


Baru-baru ini, melalui PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sijunjung, PLN memberikan bantuan penyalaan listrik gratis kepada 24 keluarga di Kabupaten Lubuk Sikaping dan 4 keluarga di Jorong Koto Tuo, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung.


Selain membebaskan biaya penyambungan listrik, PLN juga memasang instalasi, memfasilitasi pembuatan Sertifikat Laik Operasi (SLO), dan memberikan token listrik perdana kepada para penerima.


General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho, menyatakan bahwa bantuan listrik gratis melalui Program LUTD adalah bentuk nyata komitmen PLN untuk meratakan akses listrik bagi seluruh masyarakat.


“Kita tahu bahwa listrik adalah aspek penting dalam kehidupan. Listrik telah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat. Penyediaan listrik gratis secara tidak langsung akan mendukung peningkatan kualitas hidup serta ekonomi masyarakat,” kata Eric.


Melalui program LUTD ini, PLN berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil dan kurang mampu. PLN juga mengajak masyarakat untuk mendukung program-program sosial yang memberikan dampak positif bagi sesama.


Mardanah, salah satu penerima bantuan listrik gratis, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN. Di rumahnya yang berdinding kayu dan berlantai semen kasar di pedalaman Kabupaten Sijunjung, Mardanah tidak menyangka petugas PLN hadir dan memperhatikan kebutuhan rumah serta keluarganya.


“Rumah ini sudah berdiri lebih dari 5 tahun. Banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan sekarang bisa dilakukan karena sudah ada listrik. Listrik tentu membuat hidup kami lebih mudah dan lebih terang. Anak-anak bisa belajar dengan nyaman. Terima kasih banyak kepada Bapak-Bapak dari PLN,” ujar Mardanah.


Eric Rossi menjelaskan bahwa LUTD didanai oleh sumbangan pegawai PLN di seluruh Indonesia dan disalurkan untuk menghadirkan listrik yang adil bagi masyarakat di seluruh negeri, termasuk di daerah 3T. Program LUTD akan terus dijalankan dan menyentuh lebih banyak masyarakat.


“Kami ingin perlahan tapi pasti, seluruh masyarakat di Sumatera Barat bisa merasakan cahaya listrik, demi kehidupan yang lebih baik,” tambahnya.(des)