Posyandu Afdeling Bravo Wakili Agam Tingkat Sumatera Barat -->

Iklan Atas

Posyandu Afdeling Bravo Wakili Agam Tingkat Sumatera Barat

Selasa, 02 Juli 2024
.


Agam, fajarsumbar.com - Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam, patut berbangga karena Posyandu Afdeling Bravo berhasil mewakili daerah ini dalam penilaian Kader Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. 


Nagari Tiku V Jorong memiliki total 24 Posyandu, dengan 13 di antaranya berlokasi di lingkungan PT Mutiara Agam.


Sejak tahun 2022, PT. Mutiara Agam telah berkontribusi dengan memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebesar Rp. 3.500 per anak, ibu hamil, dan Posyandu. 


Manajemen PT. Mutiara Agam juga turut berperan dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu, seperti mengumumkan jadwal Posyandu pada saat apel pagi, mengarahkan pekerja wanita untuk hadir di Posyandu pada hari buka, memantau hasil kegiatan Posyandu, serta memberikan bantuan sembako bagi keluarga dengan balita stunting.


Posyandu Afdeling Bravo telah melakukan berbagai inovasi. Inovasi tersebut antara lain KOTAK SI RELA (Kotak Donasi Sukarela), yang digunakan untuk membeli perlengkapan dan kebutuhan Posyandu serta kegiatan ulang tahun bersama di Posyandu.


Kemudian MEGA MANIS (Memanfaatkan TOGA untuk Pencegahan Penyakit Kronis), dimana kader Posyandu menggerakkan masyarakat untuk menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga (TOGA) di pekarangan Posyandu.


Selanjutnya KAMI JADIH (Kami Jaga, Kami Asuh, Kami Didik dan Kami Latih), yang mengintegrasikan Posyandu dengan PAUD dan berfungsi sebagai tempat penitipan anak bagi ibu yang bekerja di PT. Mutiara Agam.


Dan terakhir KOLABORASI (Kolam Ikan Bravo Berpenghasilan), dimana hasil kolam ikan Afdeling Bravo dimanfaatkan untuk PMT Posyandu dan dijual kepada ibu-ibu di kompleks perumahan Afdeling Bravo.


Dalam sambutannya, Bupati Agam yang diwakili oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rahman SIP, mengapresiasi upaya para kader dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 


Bupati juga mengajak para kader dan masyarakat untuk menggerakkan swadaya kelompok dan berperan aktif mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh masyarakat maupun pemerintah Nagari.


"Mari manfaatkan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat dan jangan biarkan adanya lahan yang kosong. Lahirkan terus inovasi sebagai salah satu daya tarik, motivasi, dan peningkatan kualitas," ungkap Bupati.


Dengan berbagai inovasi dan kontribusi yang dilakukan, diharapkan Posyandu Afdeling Bravo dapat meraih prestasi yang gemilang dan menjadi contoh bagi Posyandu lainnya di Sumatera Barat.(*)