PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong dengan Fokus Capai Ranking 100 Dunia -->

Iklan Atas

PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong dengan Fokus Capai Ranking 100 Dunia

Rabu, 10 Juli 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.


Jakarta - Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, telah resmi memperpanjang kontraknya untuk melatih Timnas Indonesia. Perpanjangan kontrak ini dilakukan dengan pemberian target baru oleh PSSI, di antaranya adalah mengangkat peringkat Timnas Indonesia ke dalam ranking 100 besar dunia.


Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, secara langsung menyampaikan target ini. Arya juga menegaskan bahwa meskipun lolos ke Piala Dunia 2026 bukanlah target utama, namun hal tersebut tetap menjadi aspirasi yang akan dimaksimalkan.


Pernyataan ini disampaikan Arya setelah menghadiri diskusi di Barito Mansion, Jakarta, yang membahas riset dari Football Institute pada Selasa (9/7/2024). Arya menjelaskan bahwa Shin Tae-yong diharapkan dapat mengangkat prestasi Timnas Indonesia sehingga masuk ke dalam ranking 100 besar dunia.


"Apa yang kita harapkan dari pelatih adalah mencapai peringkat 100 dunia. Tentu, target untuk Piala Dunia tidak termasuk dalam kontraknya," kata Arya kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia.


"Namun demikian, dalam kualifikasi, harapan kita minimal tidak sampai ke babak play-off. Itu yang kita harapkan," tambahnya.


Menyikapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Arya menyatakan bahwa target Timnas Indonesia harus realistis meskipun berada dalam grup yang sangat kompetitif.


"Dalam grup kita, ada tiga tim yang sering tampil di Piala Dunia. Dari tiga tim itu, hanya dua yang bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Ini berarti ada satu tim yang pasti tidak bisa melanjutkan," jelas Arya.


"Kami sadar bahwa grup ini sangat sulit, tetapi kami tidak memiliki apa-apa untuk kehilangan. Kami akan tetap realistis namun berjuang dengan maksimal," tambahnya.


Timnas Indonesia akan berkompetisi di Grup C bersama Arab Saudi, Australia, Bahrain, China, dan Jepang dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dua tim teratas dari grup ini akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sementara dua tim peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan ke babak kualifikasi berikutnya, dan dua tim terbawah akan tersingkir dari kompetisi.(BY)