Puluhan Wartawan Sumbar Tampil Bak Anggota PPPK pada UKW -->

Iklan Atas

Puluhan Wartawan Sumbar Tampil Bak Anggota PPPK pada UKW

Jumat, 05 Juli 2024
Peserta UKW menggunakan stelen putih-putih dengan celana hitam.


Padang, fajarsumbar.com - Pemandangan unik terlihat di Hotel Santika, Kota Padang, Jumat (5/7/2024), saat puluhan wartawan Sumatera Barat (Sumbar) tampil bak model atau seperti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada  Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). 


Berbeda dari biasanya, para jurnalis ini mengenakan stelen kemeja putih dan celana hitam, mirip Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Fenomena ini tentu jarang terlihat di dunia jurnalisme, membuat suasana UKW kali ini terasa lebih modis dan menarik. Ternyata, ada alasan khusus di balik gaya busana mereka yang seragam dan elegan ini. 


Mereka sedang melaksanakan UKW yang berlangsung selama dua hari, 5-6 Juli 2024, diikuti oleh 60 wartawan dengan dua jenjang, Madya (setingkat redaktur) dan Muda (setingkat reporter).


.


Sejak pagi, peserta sudah mulai berdatangan di Hotel Santika. Pembukaan acara ini dijadwalkan pukul 07.30 WIB dan bakal dibuka oleh utusan dari PWI Pusat. 


Ketua pelaksana kegiatan, M. Khudri, menyebutkan bahwa jumlah peserta UKW kali ini mencapai 60 orang. Ada dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar ada juga dari Lembaga Universitas Dr. Moestopo yang ikut bergabung.


“Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama PWI Pusat dengan PWI Sumbar. PWI Sumbar hanya pelaksana saja, sementara PWI pusat yang punya kegiatan ini,” ujar M. Khudri yang juga wartawan senior Harian Umum Singgalang sekaligus ikut jadi peserta UKW.


Peserta itu berasal dari utusan dari media cetak dan online yang tersebar di 19 kabupaten/kota di Sumbar. Masing-masing kelompok peserta terdiri dari enam orang.


Ketua PWI Sumbar terpilih, Widya Navies, mengungkapkan bahwa pelaksanaan UKW ini telah lama dipersiapkan. 


.


“Mereka ini orang-orang yang paling beruntung dan telah lolos administrasi,” ujarnya, menambahkan bahwa UKW ini gratis untuk seluruh peserta.


Widya juga menjelaskan tentang seragam putih-putih yang digunakan peserta. “Itu sudah ketentuan baru. Peserta harus menggunakan stelen putih-putih dan celana hitam, agar terlihat lebih serius dan keren sehingga menciptakan suasana kompetitif namun tetap stylish,” katanya sambil tertawa kecil.


“Saya berharap kepada kawan-kawan yang ikut UKW agar serius menghadapi ujian, semoga semua kompeten,” ujar Widya Navies yang juga pemred topsatu.com yang didampingi Ketua Pelaksana M. Khudri dan Firdaus Abie.


Dengan gaya baru ini, siapa sangka para wartawan Sumbar bisa tampil layaknya bintang di catwalk, membuktikan bahwa jurnalisme pun bisa tampil keren dan fashionable. (ab)