Strategi Pemerintah, CPNS Khusus IKN dan Pemindahan ASN dari Jakarta -->

Iklan Atas

Strategi Pemerintah, CPNS Khusus IKN dan Pemindahan ASN dari Jakarta

Rabu, 03 Juli 2024

CPNS 2024 di IKN 


Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa sampai saat ini telah ditetapkan sejumlah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) khusus untuk bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).


"Terkait pengadaan CPNS khusus IKN tahun 2024, kami ingin menyampaikan bahwa hingga saat ini telah disiapkan sebanyak 130.341 formasi di instansi pemerintah pusat, termasuk di dalamnya 600 formasi untuk Otorita IKN dan 40.021 formasi untuk kementerian/lembaga yang akan beroperasi di IKN," ujar Azwar seperti yang dilansir Antara, Rabu (3/7/2024).


Azwar menjelaskan bahwa dari total 40.021 formasi CPNS untuk kementerian/lembaga di IKN, pemerintah mengamanahkan afirmasi sebesar 5 persen khusus untuk putra/putri Kalimantan.


"Sehingga pada tahap awal, telah diputuskan untuk memberikan afirmasi 5 persen kepada putra/putri Kalimantan yang terbaik, agar menjadi bagian dari 40 ribu formasi ASN yang akan dibuka dari Juli hingga Agustus. Ini berarti akan ada sekitar 2.000 putra/putri Kalimantan terbaik yang mendapatkan kesempatan di formasi fresh graduate di IKN," tambahnya.


Selain mengalokasikan formasi CPNS khusus untuk IKN, pemerintah juga merencanakan pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN secara bertahap, serta melakukan mutasi PNS dari pemerintah daerah sekitar IKN.


Azwar menyatakan bahwa proses mutasi PNS dari pemerintah daerah sekitar akan dilakukan melalui seleksi terbuka yang kompetitif.


"Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa PNS yang pindah atau mutasi dari pemerintah daerah sekitar Kalimantan memiliki kualifikasi tinggi, memiliki talenta digital, dan mampu melakukan pelayanan secara digital sesuai standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," paparnya.(BY)