Suhatri Bur Optimis Padang Pariaman Raih Nilai "A" Implementasi SAKIP Tahun 2024 Dihadapan Tim Evaluator Kemenpan RB -->

Iklan Atas

Suhatri Bur Optimis Padang Pariaman Raih Nilai "A" Implementasi SAKIP Tahun 2024 Dihadapan Tim Evaluator Kemenpan RB

Jumat, 05 Juli 2024
Bupati Suhatri Bur paparkan Implementasi SAKIP Pemda Padang Pariaman dihadapan Tim Evaluator Kemenpan RB di Aula Kantor Bupati, Kamis 4 Juli 2024 (foto.doc.ikp)



Parit Malintang - Padang Pariaman optimis akan meraih nilai "A" dalam Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) pada tahun 2024 ini.


Rasa optimis itu, diungkapkan Bupati Suhatri Bur ketika memaparkan Implementasi SAKIP dihadapan Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Kantor Bupati, Parik Malintang, pada hari Kamis 4 Juli 2024.


Pada tahun 2021, sebut Suhatri Bur, kita Padang Pariaman meraih angka 65,80. Dan, tahun 2022 naik menjadi angka 68,86, sedangkan tahun 2023 naik lagi menjadi angka 69,19. Ini tentu masih bernilai "B".


"Adanya peningkatan nilai setiap tahun ini, maka kita merasa optimis meraih pada angka diatas 80 dengan nilai "A". Sebab, kita selalu melakukan perbaikan dengan tindak lanjut atas rekomendasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2023" ujar Suhatri Bur.


Lebih lanjut, Bupati Suhatri menjelaskan beberapa upaya tindak lanjut yang telah dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Padang Pariaman.


"Seperti penyempurnaan pohon kinerja, perbaikan dokumen perencanaan tingkat perangkat daerah, pemanfaatan aplikasi simak kinerja, internalisasi SOP pelaporan capaian kinerja dan dan beberapa rekomendasi lainnya" terang Ketua DPD PAN Padang Pariaman itu.


Suhatri Bur berharap dengan upaya tindak lanjut yang telah kita lakukan, penilaian SAKIP Padang Pariaman memperlihatkan penilaian yang meningkat.


"Sehingga tahun 2024 ini, kita sangat berharap dan tetap optimis meraih dengan nilai A" ucap dia.


Sebelumnya, Ketua Tim Penilai Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan & Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I Akhmad Hasmy menyebut penilaian implementasi SAKIP ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi AKIP. Yakni mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.


Cakupan penilaian atau evaluasi, sebut Akhmad Hasmy, penilaian kualitas perencanaan kinerja yang selaras dalam mewujudkan hasil berkesinambungan, penilaian pengukuran kinerja berjenjang dan berkelanjutan.


Menurutnya, ini telah menjadi kebutuhan dalam penyesuaian strategi dalam mencapai kinerja, penilaian pelaporan kinerja yang menggambarkan kualitas atas pencapaian kinerja, baik keberhasilan maupun kegagalan serta upaya perbaikannya.


"Penilaian evaluasi akuntabilitas kinerja internal yang memberikan dampak peningkatan implementasi SAKIP untuk efektifitas dan efisiensi kinerja" terang Akhmad Hasmy.


Tim Evaluasi Kemenpan RB terdiri dari Akhmad Hasmy sebagai Ketua didampingi Pengolah Data dan Informasi Faiz Hamza Burhani, Analis Kebijakan Pertama, Diah Rakhmi Anitasari, dan Adi Anggriawan.


Sedangkan Bupati Suhatri Bur didampingi Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemda Padang Pariaman. (rsaco).