Tahun Baru Islam Momentum untuk Memperbaiki Diri -->

Iklan Atas

Tahun Baru Islam Momentum untuk Memperbaiki Diri

Minggu, 07 Juli 2024
Tablik akbar menyambut 1 Muharram di Masjid Agung Manarul 'Ilmi Islamic Centre Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Satu Muharram yang lebih dikenal dengan tahun baru Islam, tidak hanya sebatas sebagai penanda pergantian kalender tahun Hijriah saja. 


“Tahun baru Islam adalah saat yang tepat bagi kita untuk merenung, memperbaiki diri dan menetapkan tujuan yang lebih baik dalam kehidupan kita sebagai umat Islam,” sebut Penjabat (Pj) Walikota Padang Panjang, H. Sonny Budaya Putra, dalam acara Tablig Akbar 1 Muharram 1446 H di Masjid Agung Manarul 'Ilmi Islamic Centre, Sabtu (6/7).


Kata Sonny, Muharram merupakan bulan suci karena pada bulan tersebut terjadi sejarah penting dalam Islam yaitu Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah. 


“Moment tersebut menjadi penanda kejayaan dakwah Islam yang dilakukan Rasulullah, dan pada bulan Muharram ini juga Allah SWT memberikan pertolongan kepada Nabi Musa AS dari kekejaman Fir’aun dan bala tentaranya,” kata Sonny.


Peringatan tahun baru Islam yang diisi dengan tablig akbar ini, imbuhnya, merupakan suatu momentum strategis dalam upaya meningkatkan pemahaman bagi umat islam.


“Kami atas nama pemko mengucapkan selamat memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. Mari bersama-sama kita mencerna dan mengambil hikmah dari isi ceramah yang disampaikan. Semoga hal ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua dan semakin memperkuat keimanan kita semua,” harapnya.


Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Drs. H. Alizar, M.Ag berharap momentum peringatan tahun baru Islam ini, kita bisa lebih memahami dan menyadari posisi, peran serta misi sebagai umat muslim di semua tatanan kehidupan yang dihadapi.


“Di tahun baru islam ini hendaknya kaum muslim dapat mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah dalam kehidupan yang lebih baik lagi,” pungkasnya. 


Dalam acara tablik akbar ini juga tampakkan hadir  unsur Forkopimda, Pj Sekdako, asisten, staf ahli, kepala OPD, jemaah majelis taklim serta undangan lainnya itu, tablig akbar ini menampilkan Ketua MUI Kota Padang Panjang, Buya H. Zulhamdi, Lc, MA sebagai penceramah. (syam)