Tidak Ada Angin Tidak Ada Hujan Jorong Kelampaian Di Genangi Air Bah Hujan Dihulu Penyebabnya -->

Iklan Atas

Tidak Ada Angin Tidak Ada Hujan Jorong Kelampaian Di Genangi Air Bah Hujan Dihulu Penyebabnya

Jumat, 05 Juli 2024

 

Tidak ada hujan, namun ruas jalan dan sejumlah rumah warga di Jorong Kelampaian digenangi air setinggi paha orang dewasa. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Hujan yang berkepanjangan melanda wilayah Solok Selatan, (Sumatera Barat) mengakibatkan sejumlah daerah dilanda banjir, tidak luput pula di Kecamatan Sungai Pagu, sejumlah anak sungai mengamuk dan merendam ratusan rumah warga. 

Dari hasil pantaun Media ini di sejumlah titik seperti di anak sungai Batang Lawe, Batang Lolo, Batang Bolai, Pulakek Sungai Pagu membuat warga resah dan waspada. 

Namun berbeda dengan satu titik lokasi banjir seperti di Jorong Kelampaian, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, hari ini. Jumat (5/7/2024), tidak ada angin, tidak ada hujan, namun daerah yang banyak dihuni pegawai dan saudagar itu, tiba tiba didatanhi tamu tidak diundang dan air setinggi paha orang dewasa meluap disepanjang jalan utama kelampaian itu. 

Anggota Bamus Nagari Pasir Talang Selatan Roja yang juga warga Jorong Kelampaian kepada Media ini mengatakan, memang beberapa hari ini hujan tidak henti hentinya turun dan banyak daerah yang kebanjiran. 

Namun hari ini Jumat (5/7/2024) daerah kelamapaian khususnya Muaralabuh sejak pagi cuacanya cerah dan tidak ada tanda tanda hujan, hanya saja disore hari kelihatan di Hulu memang gelap seakan akan ada hujan di Hulunya. 

Tidak disangka beberapa jam saja, datang demgam tiba tiba air mengalir seperti air bah dan meluap hingga kelakan utama. dan. merendam sejumlah rumah warga. 

Roja yang didampingi sejumlah warga membenarkan penyebab dari meluapnya air di Kelamapaian ini disebabkan sejumlah saluran air, tali bandar sidah sempit dan banyak yang tidak berfungsi, berharap kepada pemerintah nagari dan kabupaten mencarikan solusinya. (Abg)