Wakil Presiden Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Wakil Presiden Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Rabu, 10 Juli 2024

Peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung 



Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung hari ini. "Kita bersyukur pengerjaan konstruksi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dimulai sejak tahun 2016 akhirnya selesai dan siap beroperasi," kata Wapres pada Selasa (9/7/2024).


Peresmian berlangsung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Wapres berharap keberadaan jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar 30-45 menit, dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri.


"Konektivitas antar kawasan di Jakarta dan sekitarnya diharapkan meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ke jaringan tol Jabodetabek," ujar Wapres.


Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 KM merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan investasi sebesar Rp10,6 triliun.


"Jalan Tol Cimanggis-Cibitung kini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, mulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction-On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya-Simpang Susun Cikeas," kata Direktur Utama Cimanggis Cibitung Tollways, Indar Barung.


Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dimulai sejak tahun 2016 dan melintasi 4 wilayah: Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.


Dengan selesainya pembangunan Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas hingga Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km, jaringan Jalan Tol JORR 2 sepenuhnya terhubung dan diharapkan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi serta meningkatkan mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.


Kehadiran jalan tol ini menambah kapasitas jalan di wilayah yang dilaluinya.


Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2 tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cimanggis-Cibitung hingga Cilincing.


Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan komuter dan logistik di kawasan industri besar Jabodetabek, seperti Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.


Jalan tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta-Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Kertajati, sehingga menjadi alternatif dan solusi mengurangi waktu perjalanan akibat kemacetan di Ruas Tol Cikampek menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.


Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas hingga Junction Cibitung sepanjang 19,65 KM telah memenuhi persyaratan teknis, administratif, dan sistem operasi tol, sehingga dapat dioperasikan.


Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas hingga Junction Cibitung dijadwalkan beroperasi tanpa tarif pada hari Rabu 10 Juli 2024 mulai pukul 06.00 WIB.


Penyesuaian transaksi akan dilakukan dari sistem terbuka di Gerbang Tol Jatikarya Utama menjadi sistem tertutup terintegrasi dengan Ruas Tol Cibitung-Cilincing, sehingga transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cibitung dikenakan tarif Segmen Cimanggis–Jatikarya (Golongan I Rp5.500) dan untuk tarif Jatikarya-Nagrak akan dikenakan di Gerbang Tol Tujuan (Golongan I Rp8.000).


Sedangkan transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cimanggis dikenakan tarif Segmen Cimanggis–Nagrak (Golongan I Rp13.500) dan tarif Tol Cibitung-Cilincing (jika masuk dari Ruas Tol Cibitung-Cilincing). (des)