Wartawan Harus Profesional dan Berkompeten -->

Iklan Atas

Wartawan Harus Profesional dan Berkompeten

Jumat, 05 Juli 2024
Suasana pembukaan UKW Sumbar di Hotel Santika, Kota Padang, Jumat (5/7/2024).


Padang, fajarsumbar.com - Komitmen untuk menjaga profesionalisme dalam dunia jurnalistik kembali diutarakan pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (PWI) Sumatera Barat. Acara yang diselenggarakan di Hotel Santika, Kota Padang, Jumat (5/7/2024).


UKW ini menjadi momentum penting bagi wartawan untuk meneguhkan kompetensi mereka.


Ketua Komisi Kompetensi Wartawan, PWI Pusat, Uyun Achadiat saat berbicara pada UKW di Sumbar menekankan, pentingnya wartawan yang tidak hanya berkompeten tetapi juga profesional dalam menjalankan tugasnya. 


"Wartawan sebagai penjaga kebenaran harus memiliki integritas tinggi dan keterampilan yang memadai dalam mengumpulkan dan menyajikan informasi," kata Ketua Komisi dalam sambutannya.


Uji Kompetensi Wartawan ini diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media di Sumatera Barat, yang diharapkan dapat mengukur kemampuan mereka dalam berbagai aspek jurnalistik. 


Proses uji kompetensi ini melibatkan tahapan penilaian yang ketat untuk memastikan bahwa wartawan yang lulus memenuhi standar profesionalisme yang ditetapkan.


Panitia UKW Sumbar.


Acara ini juga menjadi forum diskusi yang berharga, di mana para wartawan dapat bertukar pengalaman dan memperdalam pemahaman mereka akan etika jurnalistik dan perkembangan terkini dalam industri media.


Profesionalisme dan kompetensi wartawan merupakan pondasi utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disampaikan. 


Dengan mengikuti uji kompetensi seperti ini, diharapkan para wartawan dapat terus meningkatkan kualitas karya jurnalistik mereka demi kebaikan bersama.


"Wartawan yang profesional itu ya, harus wartawan yang berkompeten," tutup Yuyun. 


PWI Sumbar melaksanakan UKW yang ke sekian kalinya, yang bekerjasama dengan PWI Pusat. Ada 60 peserta yang mengikuti UKW yang berlangsung selama dua hari 5-6 Juli 2024. Ada dua kategori yang diuji, kelompok Madya (setara redaktur), dan muda (reporter).


"Semoga semua berkompeten," harap Ketua PWI Sumbar terpilih Widya Navies yang didampingi Ketua Pelaksana M. Khudri dan Firdaus Abie. (ab)