Derliana, Kartini Tangguh dari Padang Panjang -->

Iklan Atas

Derliana, Kartini Tangguh dari Padang Panjang

Kamis, 22 April 2021
Darliana


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Setiap tanggal 21 April kita  memperingati Hari Kartini. Siapa yang tidak kenal dengan R.A. Kartini. Banyak jejaknya diikuti wanita-wanita di Indonesia. Termasuk wanita di Padang Panjang.


Derliana, MA misalnya. Seorang wanita tangguh Padang Panjang yang saat ini Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Kulyatul Mubalighin Muhammadyah (MAKMM) Kauman  yang terkenal itu.


Derliana sudah banyak dikenal berbagai kalangan. Terkenal  dengan prestasinya yang gemilang. Tidak hanya pribadinya, sekolahnya pun bahkan anak didiknya dikenal dengan segudang prestasi.  

Pada 2016, dia juara 1 terbaik nasional dalam lomba Kepala MA Negeri dan Swasta berprestasi se-Indonesia.


Berbicara tentang Hari Kartini, Derliana menyebut  sebagai  hari spesial bagi kaum perempuan. 

Kartini menurutnya merupakan lambang ketangguhan perempuan dalam berjuang. 


"Ada banyak Kartini-Kartini lain sesungguhnya yang perjuangannya luar biasa. Mungkin ada yang tersebut namanya dan ada yang belum mengapung ke permukaan. Akan tetapi, sesungguhnya setiap orang punya Kartini-nya masing-masing," katanya.


Menurutnya peran serta perempuan dalam pembangunan sesungguhnya telah banyak. Buktinya banyak perempuan yang menggeluti pekerjaan dan posisi strategis menunjukkan bahwa perempuan telah mendapat penghargaan baik di negara ini. 


Dicontohkan Derliana, di bidang pendidikan, perempuan telah menunjukkan bahwa peran banyak digeluti perempuan. Hal ini sesuai dengan peran pendidik yang memang banyak dilakukan perempuan. 


"Kita bersyukur bahwa perempuan telah melakukan tugasnya dengan baik. Melakukan pendidikan dengan baik di madrasah utama (keluarga-red) dan lalu melaksanakan tugas mendidik para siswa di lembaga pendidikan," katanya.


Soal dirinya, Derliana mengatakan, targetnya tidak banyak. Hanya ingin bagaimana bisa memberi manfaat bagi orang lain. "Insyaa Allah sebentar lagi gelar gelar doktor akan diperolehnya.

"Saya ingin bisa terus berkiprah dengan baik di bidang pendidikan," tuturnya. 


Derliana punya keinginan yang sangat luar biasa, yaitu Padang Panjang memiliki icon yang dijadikan program bersama oleh semua masyarakat. (*/syam)