Bupati Safaruddin Buka Musrenbang Nagari Koto Bangun -->

Iklan Atas

Bupati Safaruddin Buka Musrenbang Nagari Koto Bangun

Jumat, 27 Agustus 2021
.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Pemerintah Nagari Koto Bangun Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota Melaksanakan Musrenbang Nagari Koto Bangun dan Launching Layanan Mandiri Nagori Codiek serta Lounching Jempol Nagari Disdukcapil. Kamis (26/08/2021).


Turut Hadir Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat, Kadis Dukcapil Lima Puluh Kota, Sekretaris Kominfo Lima Puluh Kota, Kadis Kesehatan Lima Puluh Kota. Dalam pembukaannya Wali Nagari Koto Bangun kecamatan Kapur IX Yusarlis mengatakan bahwa Nagari Koto Bangun menjadi Pilot Project sebagai pelaksana Layanan Jempol Nagari yang bekerjasama dengan Disdukcapil Lima Puluh Kota dan Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat serta kami harapkan bapak Bupati dapat membuka secara resmi Musrenbang Nagari tahun 2022 dan Launching Layanan Mandiri Nagori Codiek dan Launching Jempol Nagari. Kami juga memohon bimbingan Bupati dan Disdukcapil untuk pelaksanaan layanan ini dan pengadaan alat-alat yang dibutuhkan. 


Bupati Lima Puluh Kota dalam sambutannya sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan yang terlaksana pada hari ini yaitu Launching Layanan Mandiri Nagori Codiek serta Lounching Jempol, ini tentu saja tidak lepas dari kerjasama antara pemerintah Nagari, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten serta DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota. Visi kita yaitu mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak syarak basandi kitabullah. Dalam rangka mewujudkan Visi tersebut ada 5 langkah yang harus kita laksanakan :

Meningkatkan sumber daya manusia. 

Mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi lintas sektoral. 

Mendorong potensi Nagari sebagai poros pembangunan daerah. 

Meningkatkan pelayanan publik dengan reformasi birokrasi seutuhnya. 

Pembangunan infrastruktur. 


Disamping 5 hal tersebut ada beberapa  fokus utama kita antara lain :

Menciptakan masyarakat Madani di Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Mengembangkan pembangunan infrastruktur IKK Sarilamak. 

Membuka destinasi wisata. 

Pembangunan pertanian. 

Pembangunan infrastruktur. 


Sesuai dengan regulasi dan peraturan perundang-undangan yang diatur oleh Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah, Tentang perencanaan pembangunan dan Perencanaan kegiatan-kegiatan yang terstruktur dan terarah. 


Wali Nagari diharapkan fokus/ prioritas apa yang bermanfaat bagi masyarakat apakah itu infrastruktur atau wisata karena tahun 2021 - 2026 kita akan membangun 50 Destinasi wisata, Wali Nagari kita persilahkan berinovasi semua potensi akan kita gali dan kembangkan sesuai dengan kemampuan kita maka kepada masyarakat kita mohon bantuannya. 


Selanjutnya Bupati secara resmi membuka Musrenbang Nagari Koto Bangun dan me Launching Layanan Mandiri Nagori Codiek dan Launching Jempol Nagari Disdukcapil di Nagari Koto Bangun. Terakhir Bupati Lima Puluh Kota melakukan penandatangan dan penyerahan piagam dari Bupati Lima Puluh Kota kepada Wali Nagari Koto Bangun.(Ul)