Kampung Keluarga Berkualitas Perlu Dukungan Semua Pihak -->

Kampung Keluarga Berkualitas Perlu Dukungan Semua Pihak

Senin, 20 September 2021

.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Kampung keluarga berkualitas gagasan pemerintah untuk Kabupaten Sijunjung perlu peran aktif seluruh instansi atau organisasi perangkat daerah (OPD). Jika tidak, maka tidak sesuai apa yang diharapkan.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung, Dra, Rina Defira EP MM., ke fajarsumbar.com di ruangannya, Senin (20/9/2021). 


Sasaran dari kampung keluarga berkualitas ini, dibangun dari seluruh lini seperti kesehatannya, masih banyak anak anak yang kurang terperhatikan dari sisi kesehatan atau gizinya, pendidikannya yang masih banyak anak anak yang putus sekolah dan begitu juga dari sisi sosial Budaya nya masih banyak anak anak remaja yang nikah di usia muda dan masih banyaknya yang tidak mempunyai administrasi yang lengkap seperti akte kelahiran KK dan sebagainya.


Maka dari itulah diperlukan semua lintas sektoral OPD terkait untuk meningkatkan kampung keluarga berkualitas ini, karena selama ini sudah berjalan selama lima tahun terakhir ini baru sebagian nagari yang sudah mulai bagus seperti di nagari air angek ini sudah baik, karena peran wali Nagari nya cukup pro aktif dalam memberikan arahan maupun mengejar program program yang ada di kampung keluarga berkualitas tersebut.


Saat ini ada 26 kampung berkualitas yang sedang berjalan di Kabupaten Sijunjung yang perlu di bangun terus, maka dari itu diperlukan keterpaduan antara OPD terkait dan stakeholder dalam upaya pembangunan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dimaksud.


Dan memang mengingat program KB saat ini lebih difokuskan pada masyarakat tidak mampu dan tidak punya akses terhadap fasilitas kesehatan. Program KB menyasar penggarapan daerah tertinggal dan terpencil. (def)