Prediksi : 50 Persen Kafilah MTQ Padang Panjang Masuk Final -->

Iklan Atas

Prediksi : 50 Persen Kafilah MTQ Padang Panjang Masuk Final

Rabu, 29 September 2021

 

Pemusatan latihan anggota kafilah Kota Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar - Menjelang pelaksanaan MTQ Sumbar di Padang 12-19 November mendatang, Kafilah Kota Padang Panjang  menargetkan 50 persen qari-qariah Kota Serambi mekah ini masuk final. 


Saat ini mereka tengah melakukan latihan yang intens untuk meraih hasil maksimal pada  alek keagamaan itu.


Keseriusan kafilah yang berkekuatan 73 orang ini, dinilai sangat baik oleh tim pelatih dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar.


Bahkan mereka  memprediksi lebih 50 persen anggota kafilah akan masuk final, lantaran nilai yang diraih mampu menembus rata-rata. 


"Evaluasi dari tim pelatih, melihat adanya kemungkinan menuju final. Lebih 50 persen," kata Kasubbag Bina Mental Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako, Zamri, S.Th.I, Rabu (29/9) di Padang Panjang.


Zamri mengatakan, anggota kafilah telah mengikuti tujuh kali pemusatan latihan bersama pelatih lokal dan dari LPTQ Sumbar.  


Para peserta MTQ juga melaksanakan latihan mandiri setiap harinya. 


"Latihan mandiri ini dipantau pelatih lokal. Bahkan melalui online, melihat perkembangan peserta setiap harinya," ujarnya.


Pemusatan latihan, lanjut Zamri, bakal dilaksanakan tiga tahap lagi. Yaitu pada 1-3 Oktober untuk tahap 8, pertengahan Oktober untuk tahap 9 dan tahap terakhir lima hari menjelang perhelatan akbar itu.  


"Setelah  pemusatan latihan selesai, kafilah akan di karantina. Kita harapkan kafilah Padang Panjang meraih hasil terbaik," katanya.


Dari 37 cabang yang diperlombakan, jelas Zamri, ada beberapa cabang yang tidak diikuti kafilah Padang Panjang yaitu hafalan 500 hadis (putra/putri), hafalan 100 hadis bersanad (putri), tafsir bahasa Arab wajib hafish 30 juz (putri), lalu khad dekorasi (putri).  


"Untuk hafalan hadis ini masih eksebisi. Pertama di MTQ ke-39 ini. Jadi tidak mempengaruhi perolehan hasil," ujarnya. (syam)