Tim Dosen Muda UNP Adakan Pengabdian di Danau Kembar -->

Tim Dosen Muda UNP Adakan Pengabdian di Danau Kembar

Rabu, 29 September 2021

.


Padang, fajarsumbar.com -  Memperingati World Clean Up Day lima tim dosen muda UNP menyelenggarakan pengabdian masyarakat terpadu di destinasi wisata Danau Talang, Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, 10-12 September 2021.


Pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Solok, Camat Danau Kembar, Lurah setempat dan Pokdarwis Danau Talang dan lainnya.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen muda lintas fakultas dan jurusan yang berkolaborasi membangun nagari dengan kegiatan yang saling bersinergi satu sama lain.


Lima  tim yang bergabung dalam pengabdian terpadu ini merupakan tim terbanyak yang melakukan pengabdian bersama pada tahun ini dengan pendanaan hibah PNPB LP2M UNP. 


Kegiatan itu secara paralel yang melibatkan 70 orang masyarakat Nagari Kampung Batu Dalam mulai dari pemuda, ibu-ibu PKK,dan siswa SMA. 


Bentuk kegiatannya, pelatihan tenaga pertolongan pertama pada kecelakaan pada wisatawan. Pembuatan Area Lake Canoeing, pelatihan pemandu lake canoeing dan water rescue. 


Kegiatan ini dilaksanakan berkesinambungan dan saling berhubungan. Dimana lake canoeing merupakan satu unggulan atraksi wisata yang sangat memungkinkan dikembangkan di Danau Talang.


Pelaksanaan kegiatan pelatihan terbagi dua, pelaksanaan teori dan praktek. Teori sebagai pemantapan dasar pengetahuan dan pemahaman bagi peserta pelatihan. Praktek sebagai aksi nyata kondisi di lapangan yang dilaksanakan berdasarkan simulasi kejadian di area wisata. 


Peserta pelatihan pada kegiatan ini terdiri dari 20 orang pemuda-dan pemudi yang tergabung dalam kelompok sadar wisata Danau Talang.(RDz/Rel/Unp)