Engla Islami Putri dari UNP Juara 1 Tilawah Putri MTQM Nasional AMLI -->

Engla Islami Putri dari UNP Juara 1 Tilawah Putri MTQM Nasional AMLI

Senin, 11 Oktober 2021

Engla Islami Putri.


Padang, fajarsumbar.com  -  Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang (UNP) telah selesai melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an perdana untuk Mahasiswa MIPA.


Sebagai tuan rumah yaitu, UNP mampu meraih predikat juara 1 pada cabang Tilawah putri, yang dipersembahkan oleh Engla Islami Putri, Jurusan Biologi TM 2020.


Pada penutupan MTQ Sabtu (9/10/2021), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil mengumpulkan point terbanyak yaitu 64 point, sehingga berhak mendapat predikat juara umum.


Berdadasarkan data resmi dari panitia, MTQM AMLI 2021 diperlombakan 8 cabang, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an Putra, Musabaqah Tilawatil Qur’an Putri, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz putra, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz putri, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz putra, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz putri, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ) dengan topik Sains.


Sementara itu, Ketua AMLI Dr. Yulkifli, M.Si

menyampaikan, untuk jumlah peserta yang terlibat tahun ini sebanyak 60 orang mahasiswa yang mewakili 10 Perguruan Tinggi LPTK dari seluruh Indonesia. "Kegkatan MTQM ini, akan dijadikan sebagai agenda tahunan AMLI", imbuhnya.


“Untuk tahun ini, yang diamanahi sebagai tuan rumah adalah FMIPA UNP dan insyaallah tahun depan akan dilaksanakan di kampus AMLI lainnya, yakni UNIMED,” ujarnya.


Wakil Rektor 3 UNP, Drs. Hendra Syarifuddin, Ph.D ketika menutup acara mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Dengan mengutip hadits-hadits terkait keutamaan membaca Al-Quran, Hendra Syarifuddin memotivasi peserta untuk selalu bersama Al-Quran. Penutupan juga dihadiri para pimpinan AMLI dan delegasi MTQ.


Drs. Ardi, M.Si selaku ketua panitia pelaksana, mengingatkan bahwa baik yang juara maupun yang tidak in syaa Allah akan mendapatkan pahala yang besar karena interaksinya dengan Al-Quran yang diniatkan ikhlas karena Allah.


Bagi sang juara personal mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, dan uang prestasi Rp 2 juta rupiah untuk juara 1, Rp 1,5 juta untuk juara 2 , dan Rp 1 juta untuk juara 3, sedangkan juara per team, mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, dan uang prestasi Rp 3,5 juta rupiah untuk juara 1, Rp 3 juta untuk juara 2 , dan Rp 2,5 juta untuk juara 3. (RDz)