Lantamal II Sumbar Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Lintau Buo -->

Lantamal II Sumbar Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Lintau Buo

Jumat, 01 Oktober 2021

 

Bupati Eka Putra bersama Komandan Lantamal II Padang kunjungi Serbuan Vaksinasi, di Puskesmas Lintau Buo, Kamis (30/9) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Lantamal II Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, adakan kegiatan Serbuan Vaksinasi kepada siswa dan masyarakat sekitar, di UPT Puskesmas Lintau Buo, Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kamis (30/9/21). 


Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, Kepala Dinas Kesehatan Yesrita, para Perwira, tim Kesehatan Lantamal II Padang, Kepala OPD, Camat Lintau Buo Afrizal dan undangan lainnya. 


Bupati Tanah Datar Eka Putra mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini kesadaran masyarakat akan meningkat untuk melakukan vaksinasi, mengingat saat ini memang persentase capaian di Lintau Buo masih belum maksimal. 


"Dengan hadirnya Lantamal II disini, kita harap bisa memicu semangat warga Lintau untuk ikut vaksinasi. Karena vaksinasi adalah benteng terakhir bagi tubuh kita untuk melawan pandemi Covid-19 ini," ujar Bupati. 


Terkait dengan target capaian vaksinasi Bupati menyampaikan untuk tahun 2021 Tanah Datar menargetkan pencapaian sebesar 30 persen. "Sampai laporan terakhir yang kita terima dari Dinas Kesehatan capaian kita sudah berada pada angka 27 persen. Kita tidak berani muluk-muluk, karena kemarin disaat masyarakat sedang semangat-semangatnya melakukan vaksinasi ternyata stok vaksin kita habis, jadi sekarang kita berupaya mengembalikan lagi semangat masyarakat yang sempat kendor. 


Bupati juga menyebutkan saat ini kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk menjaga kesehatannya, terutama dalam mencegah penyebaran virus covid 19. 


"Sekarang bisa kita lihat dijalan-jalan, semua masyarakat memakai masker ditambah lagi kegiatan keramaian juga berkurang, yang kita buka hanya objek pariwisata tetapi objek wisata kita sudah CHSE, termasuk hotel dan homestay. Artinya untuk wisatawan yang berkunjung aman dan terjaga kesehatannya, sehingga dengan ketatnya prokes yang kita terapkan, hari ini kasus konfirmasi covid di Tanah Datar melandai, itu doa kita semua, harapan kita kondisi ini terus terjaga," tambah Bupati. 


Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dengan kegiatan ini, terkhusus kepada Danlantamal Laksamana Pertama TNI Hargianto beserta jajaran karena telah dengan ikhlas membantu Pemda Tanah Datar untuk vaksinasi di wilayah Lintau Buo ini. 


Sementara, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto mengatakan, jika rangkaian vaksinasi yang digelar di Puskesmas Tigo Jangko ini merupakan salah satu rangkaian dari program Serbuan Vaksinasi Maritim oleh Lantamal untuk kesekian kalinya yang tersebar di Sumatera Barat. 


"Untuk melaksanakan program Serbuan Vaksinasi kali ini kita bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar dan Yayasan Kriya Minangkabau di Rumah Tenun, serta tenaga kesehatan Angkatan Laut dan Puskesmas Lintau Buo. Ada 500 orang yang jadi sasaran kita kali ini, termasuk siswa dan masyarakat umum, dengan adanya program ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, agar capaian realisasi vaksinasi secara nasional juga tercapai," harapnya. (fdy)