Gebyar Sumdarsin Tahap 2, Capaian Vaksinasi Kota Randang 58 Persen -->

Gebyar Sumdarsin Tahap 2, Capaian Vaksinasi Kota Randang 58 Persen

Kamis, 04 November 2021

.

Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menggelar Gebyar Sumbar Sadar Vaksin tahap 2. Kali ini di 15 lokasi dengan titik pusat kegiatan yang sama, yakni di Gedung Olah Raga (GOR) M. Yamin, Rabu (3/11).


Pada pelaksanaan sebelumnya hari Sabtu (30/10) lalu, vaksinasi berdoorprize ini telah diikuti oleh sebanyak 4151 orang, melebihi dari target semula 4000 orang. Untuk kali ini, Wali Kota Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku menargetkan sekitar 3600 orang yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar dan lansia di Kota Payakumbuh


Dari data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, pelaksanaan yang kedua ini mencapai 2408 orang dengan penerima dosis pertama sebanyak 1953, dosis kedua 454, dan dosis ketiga 1 orang.


"Alhamdulillah capaian kita sudah sekitar 58 persen, masih akan terus kita lanjutkan lagi pekerjaan kita untuk bisa mencapai 70 hingga 75 persen," kata Wali Kota Riza Falepi, Kamis (4/11) pagi.


Untuk mempercepat angka partisipan vaksinasi ini, wali kota dua periode itu meminta kepada seluruh lurah untuk melakukan sensus kepada masyarakat yang ada di kelurahannya, supaya diketahui apa alasan dan keluhan dari masyarakat terkait keinginan mereka untuk mengikuti vaksinasi tersebut.


"Tujuannya supaya kita bisa mengetahui apa alasan masyarakat kita kenapa tidak mau divaksin. Dengan demikian kita bisa mencarikan jalan keluarnya, kalau perlu kita berikan penyuluhan kepada masyarakat yang tidak mau divaksin ini akan pentingnya vaksin ini," ucapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal Dt. Tumangguang menyampaikan di samping melaksanakan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin sesuai agenda bersama stakeholder terkait, pihaknya juga bakal melaksanakan vaksinasi door to door ke rumah-rumah penduduk.


"Kita sedang mempersiapkannya, jadi masyarakat yang belum berkesempatan ikut vaksinasi nanti bisa mendapatkan vaksin," kata Bakhrizal.


Sebelumnya, Kapolres Payakumbuh Alex Prawira yang memberikan dukungan kepada vaksinasi ini mengatakan dengan pelaksanaan Sumdarsin yang dilakukan serentak di seluruh Sumatera Barat (Sumbar), bisa mendongkrak posisis Sumbar dari posisi 31 untuk terus ke atas.


"Bahkan nanti Kapolri dan Panglima TNI akan datang ke ranah minang untuk menyaksikan vaksinasi yang kita laksanakan di Sumatera Barat," ujarnya


Pada Genyar Sumbar Sadar Vaksin Tahap 2 tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Moch. Denny Nurcahyono, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Ketua PN Payakumbuh Kurniawan Widjonarko, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi, kepala OPD dan camat se kota Payakumbuh. (ul)