Intensitas Hujan Tinggi, Banjir dan Longsor Melanda Padang Pariaman -->

Adsense-ATAS

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir dan Longsor Melanda Padang Pariaman

Minggu, 19 Desember 2021

Bupati Suhatri Bur turun kelapangan melihat kawasan yang terkena banjir pada beberapa titik di Ulakan Tapakih dan Batang Anai. (foto.dok.ist)

Ulakan Tapakih
- Akibat intensitas hujan yang tinggi dalam dua hari ini, mengakibatkan beberapa sungai meluap di Kabupaten Padang Pariaman. Bupati Suhatri Bur, SE.MM bersama Anggota DPR RI John Kenedy Azis didampingi Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis mengajak Deputi BNPB Pusat untuk meninjau langsung lokasi banjir yang melanda Daerah ini, Sabtu (18/12/21).


Dalam kunjungan ini, Bupati Suhatri Bur menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati, tetap waspada dan berdo'a kiranya musibah segera berakhir. Mengingat cuaca yang begitu ekstrem saat ini.


Menurut data BPBD Padang Pariaman, hujan yang melanda Daerah ini sejak kemarin dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal itu mengakibatkan meluapnya air sungai Batang Ulakan dan menyebabkan banjir setinggi kurang lebih 1-1.5 Meter. 


Ratusan rumah dan puluhan hektar sawah terendam banjir. Hingga sore hari, debit air terus menaik. Terutama di Nagari Ulakan, Sandi, Kampuang Gelapuang dan Manggopoh Palak Gadang Kecamatan Ulakan Tapakih.


Selain melakukan kunjungan ke Kecamatan Ulakan Tapakis, Bupati Suhatri Bur bersama rombongan uga melakukan tinjauan ke Kecamatan Batang Anai. 


Hingga saat ini, Satgas TRC PB BPBD Padang Pariaman dibantu masyarakat melakukan pendataan dan pengevakuasian warga pada titik-titik lokasi banjir dan tanah longsor. 


Terlihat juga fasilitas Dapur Umum Lapangan dari Dinas Sosial Kabupaten Padang Pariaman, membantu bahan makanan/nasi bungkus bagi masyarakat yang terdampak banjir di Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan. (r-saco).