Komunitas Hijau Payakumbuh Siap Berkolaborasi dengan Petani -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Komunitas Hijau Payakumbuh Siap Berkolaborasi dengan Petani

Kamis, 31 Maret 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran, Komunitas Hijau Payakumbuh gerakan generasi muda untuk bertani. 


Komunitas Hijau Payakumbuh ini didirikan 3(tiga) anak muda Kota Payakumbuh tepatnya dari Payakumbuh Utara. Ismail Putra, anak muda yang bisa bergelut di bidang konveksi, Febri Yandi, sehari hari bergelut dengan dunia pertanian tanaman muda, serta Khalilul Rahman (Ayang) pedagang beragam peralatan pertanian. 


Pada Agustus 2019 lalu mereka sepakat membuat sebuah komunitas yang bergerak di bidang pertanian. Lahirnya Komunitas Hijau Payakumbuh pada waktu itu. 


"Dengan semangat hari kemerdekaan kita mulai merangkul petani petani di kampung kita untuk bertani terutama tanaman muda, seperti cabe dan sayur mayur,"ujar Ismail Putra Founder Komunitas Hijau ini. 


Awal tahun 2022 Komunitas Hijau meluncurkan program bantuan dan pembinaan petani muda di Payakumbuh.


Dalam program ini komunitas hijau membantu para petani dalam bentuk kebutuhan pertanian, seperti pupuk, pestisida, plastik, dan kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan pertanian.


Dalam program ini komunitas hijau bekerja sama dengan mitranya Cahaya Tani dalam pengadaan semua kebutuhan bantuan tersebut.


"Alhamdulillah, program ini berjalan dengan baik sesuai target yang kami buat, dan saat ini kami menargetkan supaya bisa berkembang di seluruh kelurahan khususnya di Payakumbuh utara," ucap Ismail Putra.


Untuk saat ini lahan binaan sudah mulai panen sesuai target awal panen di bulan puasa dan ada beberapa lahan yang kami bina juga akan panen setelah lebaran untuk menyongsong lebaran haji nanti.


"Program ini sebagai bentuk pengabdian komunitas hijau kepada masyarakat untuk guna mengangkat ekonomi khususnya di pertanian," ucap Putra.


"Saya berharap program ini dilirik oleh pemangku kebijakan supaya bisa dikembang ke Kota Payakumbuh, karna minat petani muda dan responnya sangat positif, kami siap bekerja sama,"tutupnya.(Ul)