Tahun Ini, Bantuan Baznas Pessel Lewat Rekening -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Tahun Ini, Bantuan Baznas Pessel Lewat Rekening

Sabtu, 09 April 2022
Yose Leonando


Pessel - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pesisir Selatan mulai mengubah pola penyaluran bantuan kepada masyarakat pemohon.


Bantuan yang sebelumnya diserahkan secara tunai, saat ini sudah disalurkan melalui rekening bank.


Ketua Baznas Pesisir Selatan, Yose Leonando mengatakan upaya tersebut dilakukan sebagai sebuah prinsip kehati-hatian agar bantuan yang diterima oleh umat utuh sesuai dengan jumlah yang seharusnya.


Kebijakan penyaluran bantuan melalui rekening bank tersebut juga berdasarkan hasil keputusan rapat pleno bersama unsur pimpinan Baznas Pessel.


Selama ini, lanjut Yose penyaluran bantuan yang bersumber dari dana Baznas kepada masyarakat penerima cenderung melalui pihak ketiga. Jika itu terus dilakukan maka ada potensi penyelewengan.


"Sebenarnya, proses penggunaan rekening dalam penyaluran dana itu adalah sebuah prinsip kehati-hatian, kita tidak ingin jumlah bantuan yang disalurkan ke masyarakat pemohon berbeda dari jumlah seharusnya. Maka, melalui rekening penyaluran akan lebih tepat sasaran," katanya, Rabu (6/4/) .


Untuk itu, selaku pimpinan yang baru, ia tidak ingin terjerumus ke persoalan hukum. Amanah dan tanggungjawab untuk kepentingan umat harus berjalan secara transparan.


Dengan telah dirubahnya alur distribusi bantuan, maka masyarakat pemohon bantuan diharapkan dapat melampirkan dokumen atau syarat-syarat admninistrasi secara lengkap. Salah satu yang menjadi persyaratan itu adalah melampirkan nomor rekening bank nagari. (*/wandi)