UP2K PKK Nagari Pauh Kamba, Gelar Produk "Sabtu Bisnis Lokal" -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

UP2K PKK Nagari Pauh Kamba, Gelar Produk "Sabtu Bisnis Lokal"

Minggu, 10 April 2022
UP2 PKK Nagari Pauh Kambar, Nan Sabaris menggelar produknya bernam "Sabtu Bisnis Lokal" di Pasar Pauh Kambar, Sabtu 9 April 2022 (foto.dok.ikp)


Pauh Kamba- Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nagari Pauh Kambar, Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman melakukan Inovasi. Inovasi yang dilakukan UP2K PKK itu dengan memasarkan produk diberi nama "SABTU BISNIS LOKA", di Pasar Pauh Kamba, Sabtu (09/04/22), juga bertepatan dengan hari pasar (baca-Balai) tradisional Nagari Pauh Kambar.


Ketua TP. PKK Ny. Yusrita Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada kelompok pelaksana UP2K. Ini suatu semangat kebersamaan dengan bertujuan untuk mengerakkan ekonomi di Nagari yang telah melakukan inovasi pemasaran. 


Ia mengharapkan agar inovasi terus dijalankan, sehingga bermanfaat bagi semua Kelompok UP2K di Kabupaten Padang Pariaman.


"Dengan lahirnya inovasi ini, akan dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok pelaksana UP2K PKK. Juga dapat memberikan motivasi bagi anggota kelompok UP2K lainnya. Sehingga untuk ebih kretif dengan menghasilkan beragam jenis produk yang lain, dan berkualitas" jelas Yusrita. 


Disela-sela kegiatan itu, lapak UP2K juga mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi (Perdanakerkop) dan UKM Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili Kabid Perdagangan El Abdes Marsyam, ST.MM dan Wali Nagari Pauh Kambar M. Nur, S.Pd, beserta perangkat.


Dalam kunjungan itu, El Abdes Marsyam  memberikan saran dan masuka untuk kemajuan UP2K PKK Nagari Pauh Kambar masa mendatang.


Inovasi para pelaku usaha yang tergabung dalam kelompok pelaksana (Poklak) UP2K PKK Nagari Pauh Kambar ini dengan inovasi untuk menjual produk-produk mereka. Sehingga, masyarakat secara luas dapat memperoleh barang yang dibutuhkan dengan mudah.


Juga para pembeli tentang mengetahui Poklak UP2K PKK sangat kompak dan disiplin dalam melakukan bisnis lokal.


UP2K yang memproduk beragam jenis makanan ini, dibawah binaan Ketua PKK Nagari Pauh Kambar Ny. Syafni Refeliani. Juga Poksus Nagari Pauh Kambar yang diketuai Ny. Wirnati dengan membina sebanya 6 (enam) Poklak UP2K PKK Nagari Pauh Kambar yang aktif.


Adapun kelompok tersebut, Poklak Gemar Kelor Hasilkan Income (Gelora Hati) yang memproduk seluruh olahan dari daun kelor,  Poklak Ubi Sani memproduk seluruh olahan dari Ubi,  Poklak Piladang dengan nama produk DAPIL CAFÉ, produk yang dihasilkan seluruh olahan dari Daun Piladang.


Sedangkan, Poklak Maju Bersama, produk yang dihasilkan tepung sala dan berbagai jenis sala, Poklak Matahari memproduksi seluruh olahan dari daun Kangkung, dan Poklak Langkok-Langkok dengan nama produk JEMPOLAN PEL, produk yang dihasilkan adalah seluruh olahan Pisang.


Kelompok UP2K PKK Nagari Pauh Kamba telah memiliki Koperasi ini, maka untuk penguatan legalitasnya sedang proses berbadan hukum. 


Seluruh kelompok pelaku UP2K PKK diPadang Pariaman, sedang menggeliat kesemua kini. Hal ini berkat motivasi dan binaan dari Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Ny.Yusrita Suhatri Bur bersama seluruh Pengurus PKK Kabupaten Padang Pariaman. Khususnya dalam Tim Pokja II terdapat Ny.Nora Armeyn Rangkuti, Ny. El Abdes Marsyam, Ny. Rusniwita Maizar, Ny. Ergis Taslim Leter, Ny. Yusneli Roza Suhatman, Vivi Marlina dan Yus Ruski.(r-09).