Warga Jorong Padang Rantang Dukung Program Pemkab Lima Puluh Kota -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Warga Jorong Padang Rantang Dukung Program Pemkab Lima Puluh Kota

Minggu, 10 April 2022
Wali Nagari Koto Tuo buka kegiatan peringatan Nuzul Quran di Mesjid Mukhlisin Jorong Padang Rantang 


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Camat Harau Andri Yasmen diwakili Wali Nagari Koto Tuo, Syarial Dt Sinaro Panjang saat membuka Peringati Nuzul Quran yang dipusatkan di Mesjid Mukhlisin sampaikan apresiasi atas keaktifan Ikatan Remaja Mesjid (IRM) jorong setempat.


Pasalnya, selama tiga hari kedepan, Ketua IRM Wenda Andika Putra bersama masyarakat dan Ikatan Pemuda Pemudi jorong Padang Rantang (IPPJPR) yang diketuai M. Fauzi mengadakan lomba hafiz tingkat anak-anak, lomba MTQ tingkat lansia dan lomba cerdas cermat untuk umum.


"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan warga Padang Panjang Nagari Koto Tuo akan program pemkab Lima Puluh Kota. Selanjutnya, ini merupakan kegiatan keagamaan perdana di Nagari Koto Tuo. Kami sangat dan ikut bangga pada warga Jorong Padang Rantang Kenagarian Koto Tuo Kecamatan Harau, kekompakan ini mesti dipertahankan dalam membangun generasi muda cinta al quran. Mari kita jaga kampung kita,"apresiasi Wali Nagari Koto Tuo, Syahrial pada Sabtu (09/04/2022) malam.


Dikatakan Syahrial Dt Sinaro Panjang, kegiatan lomba tak lupa sampaikan terima kasih kepada panitia yang telah angkatkan musabaqah ini.


"Sudah 2 tahun kita vakum akibat pandemi covid-19, sekarang kita mulai dibolehkan angkat kegiatan. Intinya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Diharapkan, kegiatan ini bisa meningkatkan mutu bacaan anak kita. Mudah-mudahan dilanjutkan. Kegiatan ini akan menghadirkan nikmat dan karunia bagi warga PDR dan Koto Tuo, umumnya. Ini motivasi mendatang bagi kita semua,"pungkasnya sembari menyerahkan hadiah motivasi.


Sebelumnya, Ketua Bamus Jorong Padang Rantang, Dedet Juniandra kepada wali nagari melaporkan bahwa lomba tahfiz juz amma untuk anak-anak diperuntukkan untuk santri TPQ dan rumah quran darul jadid. Jumlah peserta 67 santri yang dibagi atas 2 kelas. Bertindak selaku juri ustaz Jefri bersama ustaz Zikri, seorang disabilitas yang hafiz 30 juz.


"Untuk tanggal 11 April 2022 kita laksanakan MTQ tingkat lansia dan pra lansia serta kelompok yasin. Kita hadirkan juri, ustaz
Syamrizal dan Musrayeti. Diharapkan semangat para orang tua kita semakin meningkat dalam mempelajari seni al quran. Tanggal 13 April 2022 kita langsungkan lomba cerdas cermat tingkat kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota,"terang Dedet diamini panitia.


Menariknya, setiap peserta lomba diberi hadiah bingkisan sembako berupa gula pasir dan minyak goreng untuk kaum ibu, dan peserta anak-anak disediakan buku tulis. Menurut panitia, ini sebuah bentuk kepedulian ditengah melonjaknya harga barang.


"Alhamdulillah, hadiah sudah disiapkan panitia baik dari proposal donatur dan sumbangan dari setiap rumah sebagi bentuk supor kegiatan ini. Untuk pemenang kita siapkan tabanas dan piala sebagai hadiah motivasi. Selanjutnya  hadiah hiburan berupa bingkisan untuk setiap peserta yang mau ikut. Diberikan sembako dan buku tulis. Ini merupakan upaya panitia membumikan al quran di Jorong Padang Rantang,"pungkas panitia.(Ul)