10 Spot Surfing Terbaik di Dunia 2 di Antaranya Ada di Mentawai -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

10 Spot Surfing Terbaik di Dunia 2 di Antaranya Ada di Mentawai

Selasa, 24 Mei 2022
(dok. wavepart.com)


Mentawai - Di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat banyak memiliki titik selancar terbaik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para surfing dari mancanegara untuk menaklukkan ketinggian ombak di Kepulauan Sikere tersebut.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai, Joni Anwar kepada media ini, Selasa (24/5/2022). "Di antaranya banyak titik seluncur tersebut ada dua yang disukai para surfing," ujarnya.


Diakui, kedatangan para surfing tersebut adalah pasar unggulan dalam memacu kedatangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Mentawai adalah peselancar ingin menaklukan ketinggian ombak di Kepulauan Mentawai.


"Di dunia ada 10 spot surfing terbaik menurut majalah Surfer Magazines dan 2 di antaranya ada di Mentawai," katanya. 


Tempat tersebut adalah Lanches Right di Katiet dan Makaronies di Silabu, Mentawai. Alasan Mentawai sebagai titik selancar terbaik, adalah gulungan ombak di Mentawai yang disebut dengan barrel, yaitu ombak yang berbentuk seperti ada lubang di tengahnya. Ombak tersebut, tambahnya, selalu muncul konsisten pada titik-titik tersebut. 


"Ombak di Mentawai juga bentuknya macem-macem ada yang bentuknya ular, berlapis-lapis, ada yang teropong," tambahnya. 


Bahkan, ada beberapa wisatawan yang sering berkunjung ke sana pun mempunyai titik favorit untuk berselancar. Apalagi Mentawai masih memiliki pantai-pantai tersembunyi yang belum terjamah dan sangat cantik. 


"Surfing ini sangat mempunyai karakteristik khusus, untuk satu spot surfing tidak boleh terlalu ramai. Ada juga spot yang dirahasiakan sama wisatawan itu, jadi cuma mereka yang tahu," ungkapnya. (Can)