Enam Kali Berturut-turut, Padang Panjang Raih WTP -->

Iklan Atas

Enam Kali Berturut-turut, Padang Panjang Raih WTP

Kamis, 19 Mei 2022
 Walikota Fadly Amran  bersama Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md saat menerima Penghargaan WTP.


Padang Panjang - Enam kali berturut-turut, Kota Padang Panjang kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Perestasi membanggakan ini merupakan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat.


Penghargaan WTP  diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Yusna Dewi, S.E, M.Si, Ak., kepada Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Datuak Paduko Malano bersama Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md., di Padang, Rabu (18/5).


Keberhasilan Padang Panjang meraih WTP dari BPK dalam penilaian pengelolaan keuangan negara pada situasi pandemi Covid-19 merupakan prestasi cukup luar biasa. Selama pandemi  kerap terjadi pengalihan alokasi anggaran untuk dana Covid-19 serta pemberian bantuan tunai kepada masyarakat.


Yusna Dewi, S.E, M.Si, Ak., kepala Perwakilan BPK Sumatera Barat.


Wako Fadly Amran mengucapkan terima kasih kepada BPK yang sudah mengapresiasi kinerja dari Pemerintah Kota Padang panjang.


"Pencapaian WTP ini merupakan yang keenam kalinya kita dapatkan. Mudah-mudahan di tahun depan kita bisa mendapatkan yang ke tujuh. Mudah-mudahan ini bisa menjadi target jangka panjang untuk sepenuhnya bermanfaat bagi masyarakat banyak," kata Fadly.


Kesuksesan  ini merupakan prestasi bersama.  "Ini harus dipertahankan. Jika dapat, ke depannya lebih ditingkatkan lagi agar prestasi lebih tinggi dapat dicapai,” kata Fadly.


Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Dr. Winarno, M.E., juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama tim dalam penyusunan laporan keuangan. Baik  tim pengelola keuangan maupun dari OPD dan juga Inspektorat.


Walikota Fadly Amran, Ketua DPRD Mardiansyah, Sekdako Sonny Budaya Putra,  Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Dr. Winarno serta staf  usai menerima penghargaan WTP.


"Kita sudah mendapatkan opini WTP untuk penyusunan laporan keuangan tahun 2020. Saat ini kita kembali menerima piagam penghargaan WTP. Pencapaian WTP dari Kementerian Keuangan. Ini merupakan yang keenam kalinya kita mendapatkan opini WTP berturut-turut," katanya.


Untuk ke depan perlu menetapkan rencana-rencana strategis untuk penyusunan laporan keuangan ini. Di antaranya menindaklanjuti temuan-temuan BPK tahun sebelumnya.


"Jadi temuan-temuan BPK itu kita tindaklanjuti. Kita clear-kan sehingga tidak ada lagi temuan berulang. Kemudian, kita upayakan mempercepat penyelesaian permasalahan aset daerah. Ini yang menjadi temuan BPK dalam setiap tahunnya," katanya.


WTP untuk keenam ini boleh jadi sebagai cambuk atau motivasi untuk meningkatkan kinerja sesuai yang diamanahkan negara dan masyarakat. 


Sekdako Sonny Budaya Putra dan staf foto bersama usai menerima WTP.


Diakui di sektor sistem pengelolaan keuangan negara, bagian keuangan sangat dituntut ekstra hati-hati dalam bekerja. "Alhamdulillah berkat koordinasi yang baik antar-OPD sistem pengelolaan keuangan kita dapat berjalan baik sesuai aturan," terang Winarno.


Dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD Tahun 2021 ini Wakota Fadly Amran dan Ketua DPRD Mardiansyah turut didampingi Sekretaris Daerah, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Inspektur, Dr. Syahril, M.H dan Winarno dan sejumlah staf. (adv/syam)