Bupati Lima Puluh Kota Lepas 131 Calon Jemaah Haji -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bupati Lima Puluh Kota Lepas 131 Calon Jemaah Haji

Kamis, 02 Juni 2022
Setelah 2 tahun tertunda 


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -- Labbaik Allahumma, Labbaik. Labaika Laa Syarika Laka Labbaik.


Bahagia dan haru biru terpancar dari wajah ke-131 Calon Jemah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Limapuluh Kota kelompok terbang (kloter) III Embarkasi Padang, Sumatera Barat. Betapa tidak, hampir 2 tahun menunggu untuk berhaji akibat pandemi global Pandemi Covid-19, kini ke-131 Calhaj dijadwalkan bertolak ke Tanah Suci Makkah Al Mukarramah, Senin (06/05/2022) depan via Bandara Internasional Minangkabau, Padang. 


Kebahagian semakin lengkap, Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan warga Luak Limopuluah secara resmi resmi melepas keberangkatan Calhaj asal Limapuluh Kota di Aula Kantor Bupati, Kamis (02/06/2023) di Sarilamak, Harau.


“Mari kita memantapkan hati, satukan niat dalam melaksanakan rangkaian ibadah rukun Islam yang kelima tersebut. Persiapkan segala sesuatunya, baik bekal materi maupun materi dan tidak lupa bekal taqwa. Saya juga berharap selama di Tanah Suci kepada Jemaah untuk menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya Sumatera Barat dan Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Bupati Safaruddin saat memberi sambutannya di depan jemaah Calhaj. 


Acara pelepasan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, unsur Forkopimda,  Kepala Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota Irwan, Sekretaris Daerah Widya Putra, Ketua MUI Limapuluh Kota Asrat Chan, serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.


Sementara itu,  perwakilan ke-131 Calhaj Radimas mengungkapkan rasa sukur atas kepastian jadwal keberangkatan pelaksanaan ibadah haji tahun 2022. 


“Alhamdullilah,  kita dipastikan bisa menunaikan haji, kami mengucapkan terima kepada Pemerintah Daerah, Kantor Kementerian Agama & semua pihak, doakan kami bisa menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,” ujar Radimas, yang juga Kepala Dinas Kepustakaaan dan Arsip Limapuluh Kota


Pada bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin mengucapkan terimakasih kepada Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota serta para pembimbing haji yang telah membimbing manasik calon jamaah haji. 


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengucapkan selamat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Mudah-mudahan di perjalanan diberikan kemudahan dalam menunaikan beribadah," ucap Bupati Safaruddin. 


Seterusnya Ia berpesan kepada Calon Jama'ah Haji juga meminta do'a kepada para calon jamaah haji agar masyarakat Limapuluh Kota yang ditinggalkan semoga diberi keselamatan untuk semuanya serta meminta do'a agar Pemerintah Limapuluh Kota agar istiqamah menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat. 


"Kami berharap kepada petugas yang diamanahkan mendampingi dan mengurus keperluan Jemaah Haji untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya", tutup Bupati Safaruddin.


Sementara itu, Kakan Kemenag Irwan selaku menyampaikan bahwa tahun ini Jemaah Calon Haji Limapuluh Kota berjumlah 131 jamaah terdiri dari 56 laki-laki dan 75 perempuan. Seterusnya ia menyampaikan bahwa Jemaah calon haji yang berangkat tahun ini merupakan jemaah yang rencana diberangkatkan pada 2020 lalu, namun karena Pandemi Covid yang melanda dunia dua tahun terakhir maka baru bisa diberangkatkan pada tahun ini. 


''Manasik tingkat kabupaten maupun kecamatan telah dilaksanakan dan JCH Limapuluh Kota siap diberangkatkan menuju tanah suci", ucap Irwan. 


Lebih lanjut Ia mengingatkan kepada para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan serta meminta Komitmen dari calon Jemaah berniat ikhlas untuk melaksanakan ibadah haji, sehingga ipelaksanaan haji yang bapak ibu jalani dapat dijalankan dengan tenang. Lebih lanjut Irwan meminta Jemaah untuk terus menjaga kekompakan sebagai keluarga besar sehingga seluruh rombongan menjadi Haji Mabrur.(Ul)