Jamaah Haji Gelombang II Lakukan Umrah Wajib di Masjidil Haram -->

Iklan Atas

Jamaah Haji Gelombang II Lakukan Umrah Wajib di Masjidil Haram

Minggu, 19 Juni 2022

Jamaah haji Indonesia


MAKKAH - Tiba di Makkah, jamaah haji Indonesia gelombang II langsung melakukan umrah wajib di Masjidil Haram sebagai rangkaian ibadah haji 2022.


Jamaah haji ini merupakan kloter 24 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 24) sebanyak 393 orang yang mendarat di Bandara Jeddah pukul 03.00 Waktu Arab Saudi (WAS).


Sebelum melakukan umrah wajib, para jamaah haji ini menuju ke Al Lu'luah Hotel nomor 301 yang berada di sektor 3 Raudhah, Makkah untuk beristirahat sejenak sambil menunggu persiapan perjalanan ke Masjidil Haram.


Tiba di hotel pukul 05.30 WAS, jamaah haji diarahkan untuk masuk ke hotel untuk persiapan ke Masjidil Haram. Seluruh jamaah sudah memakai kain ihram. Kedatangan jamaah lebih cepat dari jadwal yang ditentukan pukul 07.00 karena kloter 24 embarkasi JKG menikmati layanan fast track,sebagaimana dikutip okezone.com.


Sekira pukul 08.00 WAS, jamaah haji gelombang II langsung ke Masjidil Haram naik ke bus shalawat. Para petugas mengarahkan jamaah sebelum naik bus shalawat.


"Bapak, ibu, nanti dihafalkan ya nomor, rute dan warna bus. Nanti cek di stiker yang diberikan," kata petugas.


Operasional bus shalawat yang mengantarkan jamaah untuk umrah wajib ke Masjidil Haram juga sudah disiapkan sebanyak 6 bus. Sementara bus shalawat yang wara-wiri di sektor 3 sebanyak 16 bus dan akan ditambah seiring kedatangan jamaah haji.


Salah satu jamaah haji Indonesia bernama Fauzi asal Banten mengucap syukur alhamdulillah telah tiba di Jeddah dan langsung menuju Makkah. Semua pelayanan yang diberikan juga memuaskan.


"Dari bandara ke sini pelayanan bagus, petugas ramah-ramah semua termsuk sampai Jeddah disambut orang Arab bagus, jamaah dikasih bunga," katanya.


Jamaah haji Indonesia kloter 24 embarkasi JKG menunggu waktu keberangkatan ke Tanah Suci rata-rata 10 tahun lebih.


Sekadar informasi, pemberangkatan jamaah haji gelombang II sudah dimulai. Hal ini ditandai dengan kedatangan jamaah haji gelombang II di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada hari ini. Nantinya jamaah akan langsung bergerak ke Makkah.


Mereka mendapatkan sambutan khusus dari perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Kedatangan jemaah dengan layanan fast track ini juga disambut langsung oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsad Hidayat, Kepala Daerah Kerja Bandara Haryanto, dan Konjen RI di Jeddah Eko Hartono.


Konjen RI di Jeddah Eko Hartono menyambut hangat kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang II dengan fasilitas fast track. Hal ini sangat membantu jamaah haji Indonesia agar lebih cepat proses imigrasi.


"Sebelumnya mereka sudah datang di madinah. Mereka sebagian sudah bergerak ke Makkah. Dan ini hari pertama para jamaah datang langsung ke Jeddah dan kemudian kita bawa ke Makkah," kata Eko saat penyambutan kedatangan jamaah.


Dengan layanan ini, jamaah tak lagi menjalani pemeriksaan keimigrasian setiba di Arab Saudi. Pemeriksaan yang mereka lalui hanya sinar x untuk mengecek barang bawaan di tas tentengan.


"Saya tambahkan fasilitas fast track di bandara Soetta sehingga kita tadi melihat tidak ada lagi prosesi imigrasi di sini mereka langsung menuju bus masing-masing," katanya.


Untuk penyambutan kedatangan jamaah haji Indonesia sangat luar biasa. Penyambutan ini sama seperti kedatangan jamaah haji gelombang I di Madinah.


"Sambutan yang baik ini juga kita berikan saat jamaah datang ke Madinah waktu itu. Salah satu kolaborasi yang baik antara kita hal ini bisa terus ditingkatkan," katanya.(*)