Pemko Padang Bentuk Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting -->

Iklan Atas

Pemko Padang Bentuk Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting

Minggu, 05 Juni 2022
.


PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang akan membentuk tim percepatan penurunan angka stunting.


Hal tersebut disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu melakukan pertemuan dengan Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Pusat Tavip Agus Rayanto dan Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat Fatmawati, di Rumah Dinas Wali Kota, Minggu (5/6/2022). 


"Penurunan angka stunting sudah menjadi program nasional. Untuk itu, kita merasa perlu membentuk tim percepatan penurunan stunting, yang akan melibatkan berbagai unsur di kecamatan, kelurahan maupun di tingkat RT/RW," tutur Wako Hendri.


.


"Tim tersebut juga akan di-backup oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK). Setiap 150 keluarga yang mempunyai anak berumur 5 tahun kebawah dan ibu hamil akan didampingi 3 orang tim pendamping dari PKK, kader KB dan tenaga kesehatan," lanjut Wako didampingi Kepala DP3AP2KB Kota Padang  Editiawarman.


Senada dengan Wako, Sestama BKKBN Pusat Tavip Agus Rayanto menuturkan, penurunan angka stunting harus dilakukan secara gotong-royong, dengan melibatkan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, masyarakat, tokoh adat, alim ulama dan orang tua.  


"Untuk itu kami berharap dukungan dari Pemerintah Kota Padang untuk menekan angka stunting di Kota Padang semaksimal mungkin," harapnya.


"Hal ini dilakukan semata-mata demi pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas demi pencapaian visi Indonesia tahun 2045, yakni memiliki manusia Indonesia yang cerdas yang komprehensif, berkarakter kuat, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alam dan memiliki peradaban unggul," pungkasnya. (*)